Untuk meminimalisir penyebaran COVID-19, dilakukan penyemprotan cairan disinfektan secara serentak di wilayah Tapanuli Selatan (Tapsel), Selasa (31/3) oleh tim gabungan.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu secara serimoni melepas tim gabungan (Pemkab, Kepolisian, dan TNI) tersebut dari depan halaman Polres Tapanuli Selatan.

Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, Danyon C Brimobdasu AKBP Bravo Asena Siahaan, Waka Polres Tapsel Kompol Jumanto, Sekda Tapsel Parulian Nasution, juga hadir diacara ini.

Baca juga: Sejumlah program fisik DAK 2020 di Tapsel dihentikan dampak COVID-19
 
Selaku Ketua gugus tugas pencegahan COVID-19 Tapsel, Bupati menyampaikan bahwa penyemprotan disinfektan serentak seluruh Indonesia ini sesuai amanat Kapolri, guna mencegah menyebarnya virus corona.

Baca juga: Kapolres Tapsel bantu padamkan kebakaran di Padangsidimpuan

"Mudah-mudahan Tapanuli Selatan khususnya dan Indonesia umumnya dapat terbebas dari wabah virus secepatnya," kata Bupati berharap dan berdoa.

Sasaran penyemprotan serentak di tiga zona wilayah Tapsel yakni di Kecamatan Batang Angkola, Kecamatan Sipirok, dan Kecamatan Batang Toru. Kata Bupati, kegiatan ini rangkaian kegiatan penyemprotan dan penyuluhan yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

"Pemkab mulai aparat Desa/Kelurahan, Babhinsa, Babhinkamtibmas, Camat, serta Danramil, Kapolsek secara massif sudah melakukan penyemprotan dan penyuluhan ke berbagai titik di Tapsel," jelasnya.

Dalam aksi penyemprotan cairan disinfektan serentak, melibatkan sejumlah personel BPBD, Kepolisian, TNI. Peralatan yang digunakan untuk menyemprotkan cairan disinfektan seperti mobil Pemadam Kebakaran, kendaraan taktis Water Canon Polres Tapsel. Sasarannya ruas-ruas jalan, serta pusat pasar di tiga titik zona tersebut.    

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Irwa Zaini Adib menambahkan, bahwa cairan disinfektan yang serentak disemprotkan di 3 zona tersebut mencapai 12 ribu liter.

"Selain penyemprotan disinfektan, pihak kepolisian juga aktif mengimbau agar masyarakat tetap dirumah, tidak berkumpul-kumpul termasuk di warung dan cafe-cafe," katanya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020