Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan memberikan insentif untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak penyebaran virus corona atau COVID-19 di Sumatera Utara.

Hal ini merupakan upaya pemerintah meredam dampak wabah itu terhadap perekonomian.
 
"Bapak Presiden dan pemerintah provinsi sudah memikirkan bagaimana mengatasi dampak ekonomi dan sosial ini. Yang paling berdampak ekonomi para unit-unit koperasi kecil dan menengah. Ini harus kita sikapi," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-10 Provinsi Sumatera Utara Riadil Akhir Lubis, Selasa.

Baca juga: Gunakan water canon Polres Tapteng semprot jalan umum dan sekolah
 
Adapun para pelaku usaha itu kata Riadil, yakni para pedagang asongan, ojek online, warung tegal, becak, supir angkot, supir taksi, pedagang asongan, kedai kupi dan sebagainya. 
 
"Ini sudah menjadi perhatian pemerintah. Pemerintah akan memberikan semacam insentif kepada para masyarakat yang terdampak ekonomi dan sosialnya. Ini akan kita lakukan secara cepat," ujarnya.
 
Selain pemberian insentif, kata Riadil, pemerintah juga sedang menyiapkan program jaring pengaman sosial bagi masyarakat terdampak ekonomi dan sosialnya akibat COVID-19.
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020