Pemkab Serdang Bedagai, Sumatera Utara, memberikan apresiasi kepada petani di Kelurahan Pekan Dolok, Kecamatan Dolok Masihul yang telah berhasil melakukan panen raya ubi dan padi.

Wakil Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya di Seirampah, Selasa, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada petani yang telah panen raya ubi dan padi, mengingat mayoritas lahan di kabupaten itu adalah untuk perkebunan.

"Tetapi sektor pertanian juga tetap jadi perhatian. Pelaksanaan panen raya itu jadi momentum bagi kita semua untuk semakin sadar jika potensi pertanian Serdang Bedagai patut untuk diperhitungkan," katanya.

Baca juga: Serdang Bedagai komitmen eliminasi penyakit Tuberkulosis

Sebagai seorang yang juga menggeluti dunia pertanian, ia berharap kegiatan panen raya di Kelurahan Pekan Dolok Masihul itu dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat petani di daerah itu terutama untuk peningkatan produksi padi.

Ia mengatakan, pertanian juga menjadi salah satu unsur utama dalam program yang sedang digalakkan oleh Pemkab Serdang Bedagai yang termaktub dalam Pataya (Pangan, Pertanian dan Budaya).

"Kami sedang dan akan memaksimalkan bidang pertanian lewat baurannya dengan lini pangan dan budaya," katanya.

Baca juga: Pulau Berhala lokasi pengembangan Eco Marine Tourism di Sergai

Kolaborasi itu dinilai bisa menghasilkan produk pariwisata berupa destinasi yang berpotensi menarik minat wisatawan, baik lokal nasional hingga pelancong luar negeri. 

"Yang paling anyar adalah lewat pelaksanaan wisata tani yang melibatkan masyarakat desa dengan seluruh kearifan lokal yang eksis disana terutama budaya dan pertanian," katanya.

Selain itu ia juga mencontohkan wisata Panteng Kleset yang merupakan hasil positif berbaurnya sektor tani dan budaya yang dapat dijadikan sebagai objek wisata menarik dan saat ini terus dikembangkan bersama destinasi lainnya seperti Toh jaya, peternakan kambing etawa dan beberapa titik lokasi lainnya.

"Kedepan bukan tidak mungkin darah-daerah lain yang jadi lumbung pangan pertanian kabupaten, termasuk Kecamatan Dolok masihul dapat dijadikan sebagai destinasi wisata. Apalagi Desa Huta Nauli juga merupakan salah satu dari lima daerah di Serdang Bedagai yang dicanangkan sebagai kampung Budaya dengan statusnya sebagai kampung Budaya Batak," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020