Pemkab Serdang Bedagai, Sumatera Utara, terus meningkatkan komitmen mengeliminasi penyakit Tuberkulosis, di antaranya dengan menggelar penggalangan Komitmen Bersama Tuberkulosis (TBC) 2035.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai, Bulan Simanungkalit di Seirampah, Rabu, mengatakan, TBC sebagai salah satu penyakit yang menular dan saat ini masih menjadi masalah kesehatan bagi masyarakat.

Baca juga: Pulau Berhala lokasi pengembangan Eco Marine Tourism di Sergai

Sehingga berpengaruh terhadap penurunan kualitas sumber daya manusia yang dapat menimbulkan berbagai masalah sosial dan ekonomi.

Untuk itu demi mengendalikan penyebaran TBC diperlukan kebersamaan dalam penjaringan suspect sampai tahap pengobatan dan diciptakan jejaring eksternal yang baik.

Baca juga: Serdang Bedagai tingkatkan pelayanan lewat Poliklinik Bersaudara

"Sedangkan dalam pengendalian TBC adalah dengan meningkatkan kesiapan tim TBC pada tiap puskesmas maupun rumah sakit yang telah berkolaborasi dengan masyarakat," katanya.

Sementara Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, mengatakan, dengan digelarnya kegiatan oleh dinas kesehatan tersebut, nantinya masalah tuberkolosis di daerah itu dapat selesai sesuai target yang ingin dicapai.

Sedangkan penyuluhan tentang TBC, kata dia, bisa dilakukan oleh tenaga pendidikan dengan memberikan pemahaman tentang hidup sehat seperti di sekolah-sekolah.

"Untuk itu perlu dilakukan keterlibatan lintas program dan lintas sektor para pejabat dalam mengambil keputusan tertinggi sampai yang terendah agar dapat turut terlibat dalam penjaringan untuk mencapai eliminasi tahun 2035," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020