Pahlawan nasional Tengku Amir Hamzah dan Masjid Azizi merupakan dua ikon sejarah tak terpisahkan merupakan kebanggaan masyarakat Sumatera Utara, terkhusus bagi masyarakat Kabupaten Langkat.

Sebab keduanya merupakan bukti dari peradaban kemajuan Islam di bumi yang bertuah, pada masanya.

Hingga menjadikan Langkat wilayah yang aman, kondusif dan sejahtera untuk dijadikan tempat tinggal semua kalangan etnis, suku dan semua umat beragama, sebelum kedatangan para penjajah.

Bukti itu hingga kini masih terlihat, Langkat memiliki 14 etnis suku dan budaya serta enam agama yakni Islam, Kristen, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu yang hidup tentram berdampingan.

Tengku Amir Hamzah putra asli Langkat yang lahir pada 28 Februari 1911 meninggal di usia 35 tahun pada 20 Maret 1946, terkenal sebagai seorang penyair yang sajak puisinya mampu membangkitkan gelora semangat perjuangan adalah seorang muslim tauladan.

Terlihat bukan saja pada penampilannya yang selalu berpeci, namun juga dari sikap dan tutur kata yang santun, tegas, jujur dan berani, bak Saidina Ali.

Sementara, Masjid Azizi didirikan Sultan Langkat Haji Musa pada tahun 1899 dan diresmikan anaknya Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah pada 13 Juni 1902.

Merupakan bangunan bersejarah peninggalan dari  kejayaan Kesultanan Langkat, juga sebagai bukti nyata kemajuan dari peradaban Islam yang mencapai puncaknya.

Wajar saja, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Bupati Langkat Terbit Rencana PA dan Sultan Langkat Tuanku Azwar Djalil Rahmad Shah Al-Hajj sepakat untuk perencanaan renovasi masjid Azizi menuju destinasi wisata dunia, dimulai dari pemindahan makam Tengku Amir Hamzah, untuk diperindah.  

Sebagai bentuk memuliakan dan penghormatan serta pemeliharaan  bagi kedua icon bersejarah yang tak ternilai milik bangsa ini menuju Sumatera Utara yang bermartabat dan Kabupaten Langkat yang semakin religius.

Pemindahan makam dimulai dengan lantunan doa yang diaminkan ratusan undangan, pembacaan surah yasin, tahtim dan tahlil menjadi tanda dimulainya pemindaham makam pahlawan nasional, dari peristirahatan sebelumnya, ke lokasi halaman depan Masjid Azizi tepat disebelah kiri.

“Izinkan saya sebagai Putra Langkat, untuk membangun Langkat ini,”sebut Edi Rahmayadi.

Gubsu juga mengaku, sangat mengapresiasi rencana ini, sebab sejalan dengan rencananya untuk menjadikan Masjid Azizi destinasi wisata religius dunia.

"Selain untuk memuliakan, juga untuk meletakkan ke lokasi yang lebih layak, karena makam Tengku Amir Hamzah dan Masjid Azizi adalah bukti sejarah Islam di Langkat yang pantas untuk dipelihara dan dijadikan destinasi wisata dunia," ujarnya.

Bupati Langkat juga mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi, sebab selain  sejalan dengan Gubsu hal ini juga selaras dengan visi misinya, yakni menjadikan Langkat religius.

"Semoga semuanya berjalan lancar dan tercapai seperti yang diinginkan, " ujarnya.

Pemkab Langkat sangat menghormati dan menghargai jasa Tengku Amir Hamzah dengan mengabadikan namanya diantaranya membangun tugu Tengku Amir Hamzah sebagai monumen di Langkat, serta membangun taman T Amir Hamzah pada 1987, yang berlokasi  di Kecamatan Stabat.

"Selain itu, tepatnya pada tahun 2015 lalu Pemkab Langkat juga  membangun Taman Budaya Tengku Amir Hamzah, terletak disebelah kantor Bupati Langkat," ungkapnya.

Bahkan, baru baru ini pada 27 Agustus 2019, Bupati juga telah mengusulkan kepada Arkeolog Prof Datok Dr Mukhtar Saidin dari pusat penelitian Arkeologi Global Pulau Penang Malaysia, untuk mengusulkan Masjid Azizi kepada Unesco melalui Lembaga Cagar Budaya Provinsi Sumatera Utara dan Kementerian Pariwisata RI, sebagai salah satu warisan budaya dunia.

Sementara, Sultan Langkat selaku shohibul hajat, menjelaskan, pemindahan ini bertujuan untuk memuliakan T.Amir Hamzah, sebab mahkamnya nanti akan dibangun lebih baik dan layak dari sebelumnya.

"Ini semua untuk memuliakan dan sebagai bentuk penghormatan kita, kepada pahlawan nasional negeri ini, " ungkapnya.

Sultan Langkat, selain memohon doa untuk kelancaran pemindahan makam, juga mengucapkan terimakasih kepada Gubsu dan Bupati Langkat serta semua pihak atas dukungannya hingga rencana ini dapat dilaksanakan.

"Semoga niat baik kita semua ini, menjadi bukti bahwa kita adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Serta sebagai bukti kepedulian kita, menjaga sejarah agar sampai kepada anak cucu," ungkapnya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020