Dinas Kesehatan Serdang Bedagai, Sumatera Utara, membagikan masker gratis kepada aparatur sipil negara dan masyarakat sebagai upaya respon akibat sudah munculnya virus corona di Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Serdang Bedagai, Bulan Simanungkalit di Seirampah, Rabu, mengatakan pembagian masker tersebut merupakan tindakan pencegahan bagi merebaknya informasi perihal penyebaran virus corona di Indonesia.

"Untuk itu masyarakat diimbau tenang namun tetap waspada terkait virus corona. Jaga keselamatan dan pola hidup higienis," katanya.

Baca juga: Polisi gerebek gudang penimbunan masker

Baca juga: Spanyol laporkan kematian pertama corona

Ia juga menyampaikan, beberapa pekan yang lalu, Dinkes Serdang Bedagai juga sudah terjun ke masyarakat untuk melakukan pengobatan gratis sekaligus mengadakan monitoring indikasi masyarakat yang terjangkit virus corona.

Dengan kedatangan langsung ke desa-desa, jika ditemukan penyakit yang hampir serupa gejala virus corona maka mereka dapat segera menindaklanjutinya.

"Dalam kesempatan ini kami sampaikan jika terjadi masalah kesehatan dengan gejala batuk dan pilek, maka segeralah periksakan kesehatan di puskesmas terdekat," katanya.

Ia juga menerangkan masyarakat bisa mencegah penularan penyakit virus corona dan virus-virus berbahaya lainnya lewat pola hidup bersih dan sehat.

Baca juga: Kasus baru corona di China turun pada Selasa, yakni 119 kasus

Rajin mencuci tangan setelah bepergian merupakan salah satu cara ampuh untuk menangkal kontaminasi dengan virus yang mungkin menempel di ruang publik.

Selain itu lanjut dia, jika diperlukan agar menggunakan masker dan sarung tangan saat bepergian keluar rumah.

Mata juga bisa menjadi celah penularan, sehingga kata dia, agar jangan mengucek mata atau menyentuh bagian wajah jika belum mencuci tangan dan sehabis beraktifitas.

"Kita juga mesti menghindari kontak dengan orang yang terindikasi pneumonia dan baru pulang dari negara yang telah ditemukan kasus penularan untuk mencegah penularan," katanya.

Selain penangkal dari luar ia meminta masyarakat juga menjaga sistem imun tubuh dengan rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat.

"Perlindungan tubuh secara eksternal harus dibarengi dengan menjaga kesehatan tubuh. jaga pola makan dan konsumsi makanan sehat, dan jangan lupa tetap rawat kebugaran dengan olahraga," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020