Sekretaris Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia, David Sitorus didampingi senior GMKI Cabang Tarutung Dompak Hutasoit mengungkapkan, organisasi kemahasiswaan kristen di dunia, yakni Regional World Student Christian Federation akan menghelat kegiatan seminar terkait pengembangan kawasan strategis pariwisata Danau Toba di kompleks kampus IT Del, Tobasamosir, pada 13-18 Maret 2020 mendatang.

"WSCF akan menggelar seminar terkait pengembangan kawasan pariwisata Danau Toba yang dihadiri perwakilan 16 negara di IT Del Tobasamosir," sebut David, Rabu (19/2).

Dimana, 16 negara dimaksud yakni Australia, Bangladesh, Bhutan, Cambodia, Hongkong, India, Indonesia, Japan, Korea, Malaysia, Myammar, Nepal, Pakistan, Philippines, Srilangka,Taiwan, Thailand, Timor Leste, dan New Zealand.

Baca juga: Menikmati sunset di Sigurgur Beach Danau Toba

Dikatakan, kegiatan seminar yang dilaksanakan pada 13-18 Maret 2020 tersebut juga sekaligus akan mengagendakan "regional meeting" pra kongres pemilihan pengurus baru WSCF periode 2020-2024 yang digelar pada Juni 2020 di Jerman.

Senior GMKI Cabang Tarutung Dompak Hutasoit juga berharap, perhelatan kegiatan dimaksud, secara tidak langsung juga akan menjadi bagian dari promosi keberadaan pariwisata Danau Toba.

"Atas nama senior GMKI sangat menyupport kegiatan federasi mahasiswa kristen se-dunia ini," ujarnya. 

Baca juga: PT ASDP tambah jadwal penyeberangan Danau Toba

Kata dia, langkah PP GMKI yang telah memperjuangkan pelaksanaan kegiatan WSCF di Indonesia, yakni di kawasan Danau toba, juga sangat pantas diapresiasi.

"Kita menyakini, kegiatan tersebut akan membawa dampak positif bagi masyakat untuk percepatan pembangunan destinasi Pariwisata di kawasan Danau toba," jelasnya.


Baca juga: Pariwisata Danau Toba, delapan kepala daerah perlu tingkatkan koordinasi
Baca juga: Pesanan kamar hotel di Berastagi dan Danau Toba naik jelang Imlek
Sebelumnya, dalam rangka kegiatan WSCF tersebut, David Sitorus bersama Dompak dan BPC GMKI Cabang Tarutung juga telah melaksanakan audiensi ke Bupati Taput, di ruang kerja bupati, Selasa (18/2).

Pihaknya sangat berharap adanya kerjasama yang baik dari Pemerintah Tapanuli Utara untuk membantu akomodasi dan transport dalam kunjungan para peserta kegiatan WSCF yang dijadwalkan juga akan menyambangi situs sejarah kekristenan di Kawasan Tapanuli Utara, seperti Makam Munson dan Lyman, dan Salib Kasih.

Bupati Taput Nikson Nababan menyambut baik Kegiatan WSCF tersebut dan juga sangat mendukung penuh kegiatan WSCF yang di pusatkan di Kawasan Danau Toba sebagai tuan rumah.

Harap Nikson kegiatan WSCF menjadi salah satu pendukung percepatan pembangunan destinasi pariwisata di kawasan Danau Toba.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020