Badan Pusat Statistik (BPS), Sabtu (15/2) serentak secara nasional melakukan Sensus Penduduk 2020 secara online.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu hari perdana melakukan pengisian data Sensus Penduduk (SP) 2020 secara online menggunakan tablet miliknya melalui web sensus.bps.go.id.

"Pengisian data SP 2020 secara online mudah dimulai dari nomor NIK dan KK, juga isian nomor yang ada di buku nikah," kata Bupati saat berada dibalamat rumahnya di Jalan Air Bersih ujung komplek Pertamina Kav 85, Medan, saat dikonfirmasi Antara, dari Sipirok, Sabtu.

Baca juga: Bupati resmikan kantor desa termegah di Tapsel

Bupati di kesempatan ini meminta kepada masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan untuk menyukseskan SP 2020, terlebih kalangan PNS lingkungan kerjanya.

"Selain masyarakat diminta juga pihak BPS lebih gencar sosialisasi ke masyarakat, termasuk PNS yang merupakan kewajiban demi suksesnya SP," pintanya.

"Bila perlu alat-alat peraga seperti banner, baliho, spanduk, poster berupa ajakan mengisi Sensus Penduduk diperbanyak dipasang di setiap sudut ruas jalan," usulnya.

Baca juga: Gus Irawan sebut konsep "Dalihan Natolu" implementasi 4 pilar kebangsaan

Sebagaimana diketahui, untuk pengisian data secara online SP 2020 diberi waktu 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

Bagi yang belum, petugas sensus juga akan menjumpai masyarakat di rumah masing-masing tetapi waktunya mulai 1 Juli hingga 31 Juli 2020.

"Saya berharap seluruh seluruh masyarakat Tapanuli Selatan tercatat baik demi tonggak menuju satu data kependudukan Indonesia," katanya.

 

 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020