Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani akan menyerahkan bantuan Sembako sebanyak 2.565 paket kepada 2.565 Kepala Keluarga di Kecamatan Barus.

Penyerahan bantuan itu akan dilaksanakan hari ini habis Sholat Jumat oleh Bupati di 10 desa yang terdampak banjir di Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah.

Demikian dijelaskan Kadis Sosial Tapteng Parulian Panggabean ketika dikonfirmasi ANTARA Jumat pagi di Posko bantuan Banjir Tapteng yang berada di depan SMPN1 Barus.

Baca juga: BPBD Sumut: 700 KK mengungsi akibat banjir Tapanuli Tengah

Baca juga: Diduga tanggul jebol, Barus dilanda banjir

Dijelaskan Parulian, dari 13 desa di Kecamatan Barus, sebanyak 10 desa terdampak banjir dengan jumlah Kepala Keluarga 2.656 KK.

"Sejak hari pertama banjir bantuan Sembako langsung dibagikan. Dan hari ini bantuan lanjutan yang disalurkan, karena aktivitas masyarakat belum pulih khususnya warga yang ada di desa-desa. Dan pak Bupati hari akan turun langsung ke desa-desa menyerahkan Sembako sekaligus bertemu dengan masyarakat yang terdampak banjir," ujarnya.

Selain penyaluran bantuan Sembako ke Kecamatan Barus hari ini, bantuan lanjutan juga akan diserahkan ke Kecamatan Pasaribu Tobing untuk 236KK, ke Kecamatan Andam Dewi untuk 110 KK.

Sedangkan sistem penyerahan bantuan ke Kecamatan Andam Dewi dan Pasaribu Tobing disalurkan melalui Kepala Desa masing-masing seperti yang sudah dilakukan beberapa hari yang lalu.

Amatan ANTARA di lokasi,  sejumlah Posko sudah berdiri, dan juga dapur umum Dinas Sosial Tapteng, makanan mie instan, Posko Kesehatan dan layanan sosial lainnya.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020