Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I mencanangkan kampung nelayan menjadi Kampung Pelangi Belawan yang nantinya diharapkan akan meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar pesisir utara Kota Medan.

Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K didampingi Ketua Korcab I Daerah Jalasenastri Armada I Nisa Rasyid di Belawan, Medan, Selasa (14/01), mengatakan Kampung Nelayan Pelangi ini merupakan salah satu desa binaan Potmar Lantamal I, melalui sentuhan maritim Potmar Lantamal I.

"Kampung Nelayan Pelangi dapat kita wujudkan bersama supaya terciptanya lingkungan yang sehat, bersih dan indah sehingga akan muncul minat masyarakat dari daerah lain untuk berkunjung ke kampung ini," katanya usai meresmikan Kampung Nelayan Pelangi.

Ia menambahkan bahwa Kampung Nelayan Pelangi itu nantinya dapat dijadikan sebagai destinasi wisata di wilayah pantai utara Belawan yang diharapkan akan meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

Sebelumnya, Lantamal I menggelar berbagai kegiatan untuk memperingati Hari Armada, di antaranya pengecatan rumah penduduk, sampan dan dermaga di Kampung Nelayan Belawan yang letaknya tepat di depan Mako Lantamal I.

Selain itu juga digelar berbagai kegiatan seperti nikah massal, bhakti sosial, penyerahan kursi roda, pengobatan gratis, penyerahan buku bacaan, lomba mancing, lomba taman dan melukis dinding (mural) di Lingkungan Mako Lantamal I.
 
Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K berfoto bersama dengan para instansi pemerintah dan swasta yang ikut membantu pencanangan kampung nelayan pelangi. (ANTARA/HO).

Lantamal I mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada instansi pemerintah dan swasta, khususnya yang berada di wilayah Belawan yang telah memberikan banyak dukungan dalam program sentuhan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) Lantamal I yang sampai saat ini masih terus berlanjut. 

"Saya menghimbau kepada Masyarakat Kampung Nelayan Pelangi untuk turut merawat, melestarikan, serta menjaga kampung kita agar tetap berseri, rapi, indah serta aman, yakinlah secara bertahap kampung Nelayan Pelangi akan menjadi Kampung yang indah dan sejahtera," tambahnya.

Semoga dengan perubahan yang digagas Danlantamal I melalui sentuhan  maritim Potmar Lantamal I dengan ide menjadikan kampung nelayan sebagai destinasi wisata memungkinkan warga yang sebagian besar memiliki pendapatan dari hasil melaut atau nelayan itu dapat menambah penghasilan dari sektor pariwisata. 

Pewarta: Septianda Perdana

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020