Menyambut Hari Dharma Samudra (HDS) mengenang pertempuran Laut ARU, Pangkalan Angkatan Laut Tanjungbalai-Asahan (Lanal TBA) melaksanakan pertandingan sepak bola gabungan antarinstansi untuk sinergitas TNI- POLRI dan Pemko, Selasa (14/1).

Pertandingan sepak bola itu dibagi 2 (dua) tim, yakni tim Lanal TB menggunakan kostum hitam mirip "Real Madrid" dengan kapten kesebelasan Danlanal TBA, Letkol Laut (P) Dafris, dan tim Polres Tanjungbalai dengan kostum biru mirip "Chelsea" dengan kapten Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira. 

Diawal-awal pertandingan yang berlabgsung di satadion Asahan Sakti, Kota Tanungbalai, pemain kedua tim tampak semangat dan saling serang membahayakan gawang lawan. Kapolres sempat mengancam gawang "Real Madrid" dan hampir mencetak gol.

Baca juga: Tiga rumah di Semula Jadi Tanjungbalai terbakar

Tidak mau kalah, Danlanal yang mendapat kesempatan menggiring bola melepaskan tendangan kegawang lawan, namun dapat dihalau kiper "Chelsea".

Dengan semangat pantang menyerah akhirnya Danlanal TBA berhasil mencetak gol ke gawang lawan pada menit ke- 40, hingga pertandingan selesai kedudukan berubah menjadi 1-0.

Baca juga: Puluhan wartawan geruduk Balai Kota, Pemkot Tanjungbalai minta maaf

Pada pertandingan selanjutnya antara tim "Real Madrid" melawan tim Pemkot Tanjungbalai (gabungan) dengan Kapten Wali Kota Tanjungbalai, H.M.Syahrial, juga dimenangkan tim Real Madrid dengan skor 2-0.

Usai beranting, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Dafris mengatakan, pertandingan sepak bola yang digelar pihaknya dilaksanakan menyambut Hari Dharma Samudera. Bertujuan untuk mengenang arwah pahlawan yang telah gugur dalam peristiwa pertempuran Laut yang paling dikenal, yakni pertempuran Laut Aru.

"Pertempuran yang didalamnya kental ingatan terkait KRI Macam Tutul yang dipimpin oleh Komodor Yos Sudarso. Ini merupakan sebuah perjalanan sejarah perjuangan TNI AL," kata  Danlanal TBA, Dafris.

Pantauan dilapangan, tampak hadir dalam kegiatan itu, Sekdakot Tanjungbalai Yusmada Siahaan, Kasdim 0208/AS, Mayor Inf M.Nasir Simanjuntak, Dan Pomal TBA Kapten Laut (P) Darwansyah Damanik, kepala OPD dijajaran Pemkot, serta personil TNI (Kodim 0208 dan Lanal TBA) dan Polres Tanjungbalai.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020