Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, meluncurkan situs jual beli secara daring atau online, Hopeshop.id.

Bupati Serdang Bedagai Soekirman di Sei Rampah, Selasa, mengatakan menyambut era Industri 4.0 pihaknya melalui Dinas Kominfo tidak ketinggalan beradaptasi lewat bermacam inovasi, terutama dalam bidang perekonomian dan perdagangan.

Baca juga: Pemprov Sumut segera tuntaskan Jalan Barusjahe-STM Hulu

Salah satu inovasi yang diciptakan adalah lewat peluncuran situs e-commerce Hopeshop.id yang dilaksanakan berbarengan dengan HUT ke-16 Kabupaten Serdang Bedagai.

Situs jual beli online tersebut menampung berbagai produk dari para pelaku UMKM . Berbagai macam dagangan mulai dari panganan sampai produk kerajinan tangan dapat diperoleh Hopeshop.id dan produk bisa diantar ke konsumen tanpa harus repot datang ke lapak fisik.

Pelaku UMKM sendiri dapat menjajakan bermacam dagangan setelah melakukan registrasi gratis dan mudah di situs Hopeshop.id.

Ia mengatakan dengan adanya situs jual beli itu, Kabupaten Serdang Bedagai telah masuk ke dalam lingkungan global, di mana seluruh negara di dunia dapat berinteraksi langsung dengan daerah itu.

"Kabupaten Serdang Bedagai dapat dikenal oleh seluruh dunia tanpa dibatasi ruang dan waktu. Situs ini juga jadi penanda bagaimana Sergai (Serdang Bedagai) dapat tetap concern mendukung UMKM dengan menyelaraskan pada kondisi kekinian yang sudah serba digital," katanya.

Salah seorang pengguna situs sekaligus pemilik UMKM di Serdang Bedagai, Supian Chan menyebutkan Hopeshop.id merupakan terobosan yang sangat positif.

Mengingat perkembangan teknologi saat ini menjadikan transaksi jual beli tidak lagi dibatasi dengan tatap muka langsung, namun sudah serba digital yang tentu saja menjamin kecepatan dan kemudahan pelaku ekonomi.

"Cuma lewat gawai saja kita bisa menjangkau pembeli. Tampilannya menarik dan fiturnya mudah dipakai. Saya sudah merasakan betul manfaat hopehop.id. Situs ini secara langsung mampu meningkatkan jumlah penjualan produk saya," kata pemilik lapak Risol Pan Chan ini.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020