Kelompok tani Martondi Desa Telo Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan mendapat bantuan traktor tangan dari PLTA Batang Toru.

"Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan ini," kata Kaharuddin Siregar selaku Ketua Kelompok Tani Martondi usai menerima traktor tangan tersebut, Sabtu (28/12).

Selain traktor tangan yang diserahkan langsung pihak PLTA Batang Toru M.Saleh dan Senior Comoniti Development PLTA Batang Toru Koesnadi Wirasapoetra ada juga pompa air.

Disamping itu PLTA Batang Toru juga kata Koesnadi, akan memberikan bantuan ratusan bibit ikan mas  kepada peternak ikan air tawar di Dusun Suka Maju Desa Hapesong Baru Kecamatan Batang Toru.

"Bantuan bibit ikan mas tersebut akan menyusul kita berikan," kata Koesnadi seraya menyebut bantuan traktor sebagai wujud kepedulian dan tingginya atensi PLTA Batang Toru terhadap peningkatan ekonomi petani di wilayah kerja perusahaan.

"Kiranya dengan bantuan alat mesin pertanian ini produktivitas petani khususnya kelompok tani Martondi dapat meningkat serta biaya produksi berkurang," harap Koesnadi.

Desa Telo dan Dusun Suka Maju merupakan diantara sekian daerah di Batang Toru yang sering dilanda musibah banjir sehingga para petani sering mengalami kerugian akibat gagal panen demikian kolam ikan masyarakat.

Menurut salah satu tokoh masyarakat Desa Hapesong Baru Zulfitri Siregar alias Gayani  mengatakan banjir yang sering melanda daerah seperti Suka Maju diakibatkan ratusan meter tanggul Sungai Batang Toru jebol dihantam banjir.

Sementara Kepala Desa Telo Sulaiman Siregar juga tidak lupa mengapresiasi rombongan Tim PLTA Batang Toru juga Koesnadi yang turun menyerahkan bantuan dengan harapan bermanfaat besar buat petani.

Adapun anggota kelompok tani Martondi ini sebut Sulaiman berasal dari masyarakat petani Desa Telo, Desa Napa, Kelurahan Wek I Batang Toru, dan Desa Hapesong Baru yang jumlahnya sebanyak 25 orang.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019