Pemerintah Kota Gunungsitoli menerima bantuan tiga unit kendaraan roda tiga atau becak sampah dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Bantuan becak sampah itu diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara Dr. Ir. Binsar Situmorang di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli, Selasa (17/12).

Pada penyerahan becak sampah itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara Binsar Situmorang mengatakan jika Pemprov Sumut tetap mendukung peningkatan program lingkungan hidup.

Baca juga: Jalan penghubung Kota Gunungsitoli-Nias Selatan tertimbun longsor

"Tahun 2020 akan ada program “Bank Sampah” dan kita berharap empat Kabupaten/Kota penerima bantuan becak sampah hari ini dapat merespon program tersebut," harapnya.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Pemkot Gunungsitoli Arham Dusky Hia mewakili Wali Kota Gunungsitoli mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Dia mengakui jika Pemkot Gunungsitoli memiliki keterbatasan anggaran, dan berharap Pemprov Sumut memberikan dukungan dan bantuan teknis untuk peningkatan pengelolaan persampahan..

Di tempat yang sama Kadis Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli Yarniwaty Gulo memberitahu, secara umum pengelolaan lingkungan hidup di Kota Gunungsitoli sudah mulai dan makin ditingkatkan, tetapi masih ada kekurangan.

"Kita sudah mulai dan tingkatkan, baik itu penataan perlindungan dan pengelolaan lingkungan, pengelolaan sampah, limbah B3 dan peningkatan kapasitas serta pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan," jelasnya.

Namun dia mengungkapkan, Pemko Gunungsitoli dalam kurun waktu empat tahun terakhir ini tidak menerima bantuan Dana Alokasi Khusus (Dak) karena belum memenuhi syarat teknis.

Dia memastikan Pemkot Gunungsitoli tetap komit melakukan langkah langkah konkrit melengkapi dan memenuhi berbagai instrumen dan tahapan kerja yang disyaratkan dalam pengelolaan sampah.

Sehingga Pemkot Gunungsitoli bisa kembali mendapatkan bantuan Dak dan berbagai bantuan lain dari pemerintah Provinsi Sumatera Utara khusus bidang lingkungan hidup.

Selain Pemkot Gunungsitoli, daerah lain yang menerima bantuan becak sampah dari Pemprovsu di tempat yang sama adalah Kabupaten Nias Utara, Nias Barat dan Nias Selatan.

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019