Badan jalan sepanjang kurang lebih 50 meter arah Desa Barnang Koling menuju Desa Dolok Sordang Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan amblas sedalam belasan meter.

Menurut Kepala Desa Barnang Koling Borkat Siregar yang menghubungi Antara, Senin (16/12), amblasnya badan jalan diakibatkan faktor hujan yang melanda daerah tersebut beberapa hari belakngan ini.

"Kami khawatir lama kelamaan apabila dibiarkan badan jalan putus total selain tingginya intensitas hujan mengingat stuktur tanahnya bercampur pasir bulan sehingga mudah erosi," katanya.

Baca juga: Jalan menuju kawasan wisata Bukit Lawang Langkat longsor

Baca juga: Masyarakat Sibara-bara Tapsel harap ruas jalan mereka diperbaiki

Dijelaskannya badan jalan yang longsor tersebut berada di sekitar titik kilometer 12 arah dari simpang Mara Gordong Kecamatan Angkola Timur tepatnya di simpang gunung manukkap menuju Barnang Koling.

"Selain longsor kurang lebih 2000 meter ruas jalan onderlag di daerah itu kondisinya rusak yang menyebabkan terganggunya kelancaran arus lalu lintas," tambahnya.

Dengan sulitnya beberapa medan pada ruas jalan apabila memaksa masyarakat yang hendak keluar masuk desa (atau ke pasar) membawa hasil pertaniannya terpaksa harus menggunakan kendaraan dobel gardan (4x4).   

"Kami masyarakat berharap sangat adanya perahtian pihak terkait demi kelancaran arus lalu lintas dari dan ke Desa Barnang Koling dan Dolok Sordang yang didiami ratusan kepala keluarga," ujarnya.

Baca juga: Longsor di Batang Natal, lalu lintas Panyabungan - Simpang Gambir putus total

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019