Samsul Tanjung, ST, MH terpilih secara aklamasi menjadi Ketua PD Al Jam’iyatul Washliyah Labuhanbatu Utara Periode 2019-2024. Pria yang juga Camat Kualuhhulu itu terpilih melalui Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) yang digelar di aula Fajar Dolpa Aekkota Batu Kecamatan Na IX-X, Senin.

Sebelumnya, pimpinan sidang diketuai Drs H Khairuddin Marpaung didampingi Sekretaris Dr H Asbin Pasaribu, MA dan Drs Adlin Sinaga, MSi menakhodai kegiatan yang disaksikan langsung Ketua PW Al Washliyah Prof Dr H Saiful Akhyar Lubis, MA dan Sekretaris PW Al Washliyah H Isma Padli A Pulungan SAg, SH itu.

Ketua PD Al Washliyah terpilih H Samsul Tanjung ST MH foto bersama pengurus PW, PC dan undangan usai Musdalub yang digelar di aula Fajar Dolpa Aekkota Batu Kecamatan Na IX-X, Senin. (ANTARA/Sukardi)


Diantara mekanisme yang dilaksanakan adalah
menjaring kandidat yang ingin memimpin ormas keagamaan terbesar di Labura itu. Pada kesempatan pertama muncul dua nama yaitu H Samsul Tanjung dan Khairuddin Hasibuan SPdI SH.

Kemunculan nama Khairuddin Marpaung sempat menarik perhatian peserta Musdalub. Dan setelah diteliti, kedua figur itu memenuhi syarat seperti yang telah ditentukan pada Musdalub itu.

Baca juga: Bupati buka Musdalub Al Washliyah Labura

Selanjutnya, kandidat diminta menyampaikan visi misinya. Kesempatan pertama diberikan kepada Khairuddin Hasibuan yang akrab disapa Udin Hasbi itu. Mantan anggota DPRD Labura itu menyatakan, visinya ingin menjadikan Al Washliyah sebagai organisasi idaman masyarakat.

Dengan gaya oratornya yang tegas, Udin Hasbi menyatakan, program yang akan dilakukannya adalah menitikberatkan pada sektor pendidikan. Caranya dengan membangun serta membenahi sarana pendidikan milik organisasi yang ada di kabupaten itu.

Namun, di ujung visi misinya, ia membuat peserta terkejut. Pasalnya, berasalan tidak ingin terjadi perpecahan di tubuh organisasi yang lahir pada 30 Nopember itu, pria yang juga Ketua DPD BKPRMI Labura itu pun menyatakan mengundurkan diri dari pencalonan.

Asbin Pasaribu yang memimpin sidang, usai mendengarkan visi misi kandidat pertama itu menyebutkan, sesuai dengan AD/ART organisasi, karena calon yang muncul hanya satu, maka diputuskanlah H Samsul Tanjung sebagai Ketua secara aklamasi.

Samsul juga menyampaikan visi misinya di hadapan lebih kurang dua ratusan peserta dan undangan. Ia juga menyebutkan akan membangun dan mengembangkan organisasi tersebut.

Untuk menyusun kepengurusan, dipilihlah lima formatur yang terdiri dari ketua terpilih, mewakili PW, Drs H Khairuddin Marpaung mewakili pengurus demisioner, perwakilan PC dipercayakan kepada H Susilo Palopo Siregar ST dan organ bagian diwakili Ketua GPA AL Washliyah Labura Ilham. 

Musdalub yang berlangsung cepat dan menarik itu ditutup oleh pengurus PW Al Washliyah Sumut yang diwakili Dr H Hayatsyah MA yang juga merupakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Asahan.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019