Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman menyampaikan harapan Kota Medan mampu menjadi kiblat pelaksanaan pilkada terbaik di Indonesia yang menurut rencana digelar 23 September 2020.

Harapan itu ia sampaikan saat menghadiri Launching Pilkada Medan 2020 di Merdeka Walk, Medan, Selasa malam.

Ia mengatakan, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada KPU Medan yang telah melounching pilkada lebih dulu dari kota dan kabupaten lainnya yang juga akan menggelar pilkada.

Baca juga: KPU tidak permasalahkan Bule Spanyol ikut daftar balon Bupati Samosir

“Saya sangat mengapresiasi, KPU Medan menjadi yang pertama melaksanakan launching pilkada se-Indonesia,” katanya.

Menjadi kiblat pelaksanaan pilkada terbaik, menurutnya, bukanlah pekerjaan yang mudah. Tingginya tensi politik dan tarik menarik kepentingan membuat penyelenggara pilkada dituntut untuk mampu bekerja dengan baik.

“Saya punya tiga kiat agar pilkada Medan berjalan baik yakni transparan, berintegritas dan profesional,” ujarnya.

Ia menjabarkan kiat pertama yakni transparan yang menurutnya menjadi sebuah keniscayaan agar masyarakat mudah mengakses seluruh informasi di KPU. 

Informasi ini mulai data pemilih, transparansi anggaran hingga transparansi soal hasil perolehan suara.

Kemudian yang kedua yakni berintegritas. Sebagai penyelenggara, integritas anggota KPU Medan wajib dijaga. Dengan demikian masyarakat akan percaya terhadap kinerja mereka.

“Ketiga yakni bekerjalah dengan profesional. Pahami pekerjaan dan lakukan dengan baik. Seluruh pekerjaan harus dilakukan dengan baik hingga tuntas. Untuk itu persiapkan diri anda agar mampu melakukannya dengan baik,” katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019