Pimpinan DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan masa jabatan 2019 - 2024 resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Padangsidimpuan Julius Panjaitan, Rabu (16/10).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pimpinan DPRD hasil Pemilu serentak 2019 tersebut melalui rapat paripurna dewan di Gedung DPRD setempat, di Sipirok, Rabu (16/10).

Sekertaris DPRD Tapanuli Selatan Darwin Dalimunthe mengatakan peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Tapanuli Selatan ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara nomor 188.44/ 610/ KPTS/ 2019.

Sesuai isi surat yang dibacakan Husin Sogot Simatupang dari Partai Gerindra dilantik sebagai ketua, Rahmad Nasution dari Partai Golkar dan Borkat dari Partai Amanat Nasional sebagai Wakil Ketua.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh pimpinan DPRD yang dilantik  dengan harapan kinerja DPRD akan semakin dinamis dan meningkat.  

"Ini merupakan momen yang kita tunggu - tunggu. Karena, tanpa pimpinan DPRD alat kelengkapan lainnya belum bisa terbentuk yang terimbas terhadap stagnasi proses regulasi yang akan hendak dilakukan," kata Syahrul.

Baca juga: Rumah kontrakan Lelo Hasibuan di Tapanuli Selatan habis terbakar

Soalnya menurut Syahrul Raperda APBD tahun 2020 sudah menunggu untuk dilalukan pembahasan pengesahan. Kemudian masih banyak terdapat regulasi - regulasi lainnya baik bidang sosial, pembangunan maupun bidang lainnya yang akan dikejar.

"Berdasarkan UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, khususnya pasal 148. DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggraan pemerintah daerah Kabupaten/ Kota yang menjalankan fungsi pembentukan peraturan daerah, anggaran dan pengawasan," jelasnya.

Baca juga: Kementan kembangkan bawang merah di Tapanuli Selatan
 
Dari kiri ke kanan Borkat (Wakil Ketua DPRD Tapsel), Aswin Efendi Siregar (Wakil Bupati Tapsel), Syahrul M.Pasaribu (Bupati Tapsel), Yulius Panajitan (Ketua PN {Padangsidimpuan), Husin Sogot Simatupang (Ketua DPRD Tapsel), dan Rahmat Nasution (Wakil Ketua DPRD Tapsel) usai acara rapat paripurna peresmian pengambilan sumpah pimpinan DPRD daerah setempat di Gedung DPRD setempat, di Sipirok, Rabu (16/10) (ANTARA/Kodir)


Syahrul menjelaskan bahwa  keberadaan pimpinan dan anggota DPRD Tapanuli Selatan selain bisa menjalankan tiga fungsi tersebut juga mampu mendukung pemerintah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan swasta melalui kemitraan antara pemerintah dan masyarakat.

"Kiranya pimpinan DPRD yang baru diresmikan dan diambil sumpahnya dapat bersinergi dan selalu menjaga kekompakan kedepan demi  kemajuan masyarakat Tapanuli Selatan yang kita cintai ini," harapnya.

Ketua DPRD Tapanuli Selatan Husin Sogot Simatupang dalam sambutannya  mengucapkan terimah kasih kepada ketua Pengadilan Negeri Padangsidimpuan yang sudah bersedia mengambil sumpah / janji tersebut.

Sogot juga berjanji akan menjalankan amanah rakyat sebagai Ketua DPRD dengan baik sesuai tugas dan fungsinya dan sebagaimanan ketentuan perudang - undangan yang berlaku.

Sogot juga menekankan kepada seluruh ketua - ketua fraksi agar sesegera mungkin mempersiapkan pembahasan penempatan personal badan musyawarah, badan pembentukan peraturan daerah dan badan kehormatan dewan.

"Saya juga berharap kepada Bupati dan Forkopimda lainnya dapat memberikan dukungan yang baik dengan DPRD agar bisa menjalankan tugas dan fungsi dengan baik," kata Sogot sembari menyatakan DPRD siap mengutamakan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi, partai dan golongan.

Turut hadir di acara ini Wakil Bupati Tapsel, Forkopimda, 35 anggota DPRD Tapsel, Sekda Tapanuli Selatan, pejabat eselon, TP. PKK Tapanuli Selayan, KPU Tapanuli Selatan, Bawaslu Tapanuli Selatan, Camat, Perguruan Tinggi, Ormas, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat daerah itu

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019