Sebanyak 25 orang kelompok Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Tapanuli Selatan (dua diantarnya dari Kabupaten Padang Lawas) mengikuti pendidikan kilat (Diklat) fungsional penyuluh pertanian alih kelompok mulai tanggal 3 hingga 16 Oktober 2019, di Sekolah LMC Kecamatan Angkola Timur.

Kadis Pertanian mewakili Bupati Tapanuli Selatan, Ir Bismark Muaratua Siregar, Kamis, mengatakan, Diklat fungsional PPL alih kelompok ini merupakan upaya dasar untuk meningkatkan kompetensi penyuluh pertanian.

Yang disesuaikan dengan kelompok masing-masing jabatan fungsional agar memiliki kemampuan kinerja, keterampilan, keahlian, manajerial sehingga mampu meningkatkan kedisplinan diri, motivasi kerja, kemandirian, kerjasama, kematangan emosi, akses kepada sumber informasi dan minat pengembangan diri yang baik.

"Karenanya saya berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius. Tidak lain dalam rangka mewujudkan masyarakat daerah yang sehat, cerdas, dan sejahtera sesuai visi misi Pemkab," katanya.

Sebelumnya, Faisal Simamora S.Pt, M.Si selaku ketua panitia menyampaikan metode latihannya 120 jam atau 14 hari dengan teori dan prkatek klasikal (64 jam) praktek kompetensi (56 jam) dan ditujukan bagi penyuluh pertananian terampil yang memiliki latar belakang pendidikan Strata 1 (S1) atau Diploma IV bidang pertanian.

Diklat ini terlaksana berkat atensi Pemkab (Dinas Pertanian) Tapanuli Selatan bekerjasama Dirjen BPPSDMP Kementerian Pertanian RI dan Balai Latihan Pertanian Jambi dan Polbangtan Medan.

Sebagai fasilitator dalam Diklat ini dari Dirjen BPPSDM Kementerian Pertanian RI, Dr Ir Leli Nuryati M.Sc, BPP Jambi Sabir, S.Pt, Dosen Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan Nurliana Harahap S.P, M.Si (Wadir I)  dan Mukhlis Yahya SP, MP (Wadir II).

Pemateri Leli Nurhayati mengulas materi "Kebijakan pembangunan pertanian nasional"; Sabir mengulas "Kebijakan dan strategi penyuluhan pertanian; Nurliana Harahap mengulas "Penumbuhan dan pengembangan kelembagaan tani dan kelembagaan ekonomi petani", Mukhlis Yahya mengulas "identifikasi potensi wilayah dan agro ekosistem". 
 
Kadis Pertanian Tapanuli Selatan Ir Bismark Muaratua Siregar (dua kiri) didampingi Fasilitator dari Polbangtan Medan Mukhlis Yahya S.P, M.P (kiri) menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta Diklat Fungsional alih kelompok PPL Tapanuli Selatan di Aula sekolah LMC, Kecamatan Angkola Timur, Kamis (3/10) (ANTARA/Kodir)

 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019