TNI membangun sejumlah infrastruktur di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -106 yang dipusatkan di Lapangan Stadion PTPN III Gunung Pamela Kecamatan Sipispis.

Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin di Serdang Bedagai, Rabu, mengatakan program terpadu TNI manunggal membangun desa ke -106 tahun 2019 ini TNI bersama pemerintah dan masyarakat kabupaten Serdang Bedagai melakukan beberapa pembangunan fisik.

Seperti pembuatan jembatan sepanjang 40 meter, pembuatan jalan sepanjang satu kilometer dan merehab dua unit rumah tidak layak huni.

"Pembangunan ini nantinya akan sangat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kami akan memberikan bantuan apapun yang bisa kami lakukan untuk membantu membangun desa melalui TMMD," katanya.

Program TMMD ke 106 Kodim 0204/DS selain adanya pembangunan fisik, juga akan ada pembangunan non fisik seperti memberikan pengetahuan bagaimana berkehidupan bersosialisasi yang baik, dampak bahaya narkoba, pelatihan pertanian, mitigasi bencana dan bagaimana menumbuhkan rasa nasionalisme yang akan disampaikan melalui penyuluhan-penyuluhan ke masyarakat.

Sementara, Danrem 022/PT Kolonel Inf Raden Wahyu Sugiarto saat berkunjung dalam TMMD tersebut sangat mengapresiasi dengan adanya program itu.

Dia mengungkapkan dibukanya jalan baru serta pembangunan jembatan penghubung antara Desa Silau Padang dan Desa Sabang Buah akan memudahkan warga untuk bermobilisasi.

Menurutnya, program ini tidak semua desa bisa mendapatkannya maka dari itu ia meminta kepada warga agar bersinergi bersama TNI di dalam TMMD karena dampak ke depannya akan sangat positif dan bermanfaat.

Sementara Wakil Bupati Serdang Bedagai Dharma Wijaya berharap kegiatan program terpadu TNI manunggal membangun desa agar dapat terus ditingkatkan di masa mendatang dan selanjutnya pembangunan jembatan dan pembuatan jalan peningkatan statusnya akan lebih ditingkatkan pada tahun mendatang,sehingga program kegiatan TNI manunggal membangun desa ini lebih dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Kami juga berterimakasih kepada Kodam I Bukit Barisan dan Kodim 0204/DS serta semua pihak baik sipil maupun militer yang ikut menyukseskan program TNI manunggal membangun desa ke - 106 tahun 2019," katanya.

Pewarta: Septianda

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019