Pemerintahan Kelurahan Gunung Baringin Kecamatan Panyabungan Timur gelar sosialisasi penyalahgunaan narkoba bagi masyarakat dan pemuda yang ada di kelurahan itu.

Sosialisasi ini dilaksanakan di kantor Kelurahan Gunung Baringin, Rabu (18/9).

Dalam sosialisasi yang dibuka oleh Sekcam Kecamatan Panyabungan Timur, Meiry Anwaru Siregar turut juga dihadiri oleh Kepala BNNK Madina, AKBP. Ramlan, SH.MH, Polsek Panyabungan, Aipda Emil Salim, SH, Babinsa Koramil 13 Panyabungan, Kasdun Gunawan para pemuda dan tokoh masyarakat yang ada di Kelurahan itu.

Sedangkan yang menjadi narasumber dalam sosialisasi ini adalah dari BNNK Madina, Polsek Panyabungan, Koramil 13 Panyabungan dan Camat Panyabungan Timur

Lurah Kelurahan Gunung Baringin, Mukhlis Nasution menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini bersumber dari Dana Alokasi Kelurahan (DAL) tahun 2019.

"Dengan adanya sosialisasi ini kita berharap adanya perubahan terutama digenerasi muda," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Madina, AKBP. Ramlan, SH.MH menyebutkan dampak narkoba ini telah membawa dampak terhadap pemakai termasuk keluarga dan pendidikan. Akibat narkoba ini hampir 30 jiwa meninggal setiap harinya.

Dari data BNN tahun 2018 pada 2017 prevalensi angka penyalahgunaan narkoba di sebesar 1,77 % atau setara 3.376.115 orang rentang usia 10 - 59 tahun. 

Sementara pravalensi angka penyalahgunaan narkoba pada tahun 2018 mencapai angka 3,2 % atau setara dengan 2,29 juta orang.

Baca juga: Kepala BNN : Sumut Peringkat Dua Prevalansi Narkoba di Indonesia

Pewarta: Holik

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019