Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan mendukung Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) yang akan digelar Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Daerah (LP3KD) di Kotapinang pada tahun 2020 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Labuhanbatu Selatan, Balyan Nasution di Kotapinang, Jumat (13/9) mengatakan, kegiatan tersebut terlaksana secara baik dan Pesparani dapat menjadi ajang promosi seni dan budaya, khususnya pada bidang kerohanian di daerah.

Pihaknya juga ingin kontingen Labuhanbatu Selatan dapat membawa nama harum daerah pada pertandingan tingkat Provinsi Sumatera Utara.

“Pemkab siap mendukung kegiatan ini. Kita dapat menunjukkan kekayaan budaya kepada peserta dari Gereja Katolik se-Labuhanbatu Selatan," kata Balyan Nasution, ketika bersilaturrahmi dengan pengurus LP3KD Kabupaten Labuhanbatu Selatan di Gereja Katolik Santo Yosef, Kotapinang.

Pihaknya juga berharap kegiatan Pesparani di dukung semua elemen masyarakat di daerah. Menurut dia, kegiatan ini juga secara tidak langsung membawa harum nama Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

“Semoga Pesparani terlaksana secara baik, sehingga dapat membawa nama harum daerah pada pertandingan tingkat provinsi. Tak hanya itu, kita harus tunjukkan bahwa Labusel tidak tergoyahkan dan kerukunan masih terus terjaga,” jelasnya.

Ketua Umum LP3KD Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Thiophil Callandrina Pane mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati, Kepala Kantor Kemenag Labusel, Dewan Pastoral Paroki, dan seluruh umat Katolik. Menurut dia, kegiatan tersebut akan semakin sukses apabila di dukung seluruh elemen masyarakat.

Secara teknis, persiapan Pesparani masih pada tahap pembenahan seperti, pelatihan musik liturgi gerejani, baik untuk anak-anak, remaja, dan dewasa.

"Semoga umat Katolik dapat menunjukkan prestasinya dalam bidang agama dan iman demi pembangunan Kab. Labusel yang lebih baik lagi,” ujar Thiophil didampingi Wakil Bendahara Syahenni Bangun dan Kordinator Bimas Katolik Kantor Kemenag Labusel Sabarkita Tarigan serta Ketua Dewan Stasi Gereja Katolik Santo Yosef Kotapinang Rata Sadikin Surbakti.

Sementara, Anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Ramot Marbun mengajak seluruh umat Katolik menghargai perhatian pemerintah daerah dalam menjaga kerukunan umat beragama.

Selain itu, turut serta membangun daerah dengan persaudaraan sejati dalam semboyan 100 persen Katolik 100 persen Indonesia.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019