Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDPMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi menggenjot kinerja seluruh jajaran pimpinan BPPSDMP.

Hal itu disampaikan dalam acara Rapat Pimpinan Lingkup Badan PPSDMP yang digelar di Hotel Four Point Makassar.

“Kita kerja dua Januari bukan dua Agustus, bukan juga dua September. Tidak ada istilah perpanjangan waktu," tegasnya.

Ia juga menekankan bahwa perencanaan tahun 2020 harus tuntas tahun 2019 termasuk perencanan konstruksi bangunan, rehabilitasi, hingga pengadaan laboratorium. 

Ia meminta semua spesifikasi untum segera disipakan, sehingga pada dua Januari mendatang semua lelang fisik.

"Kita harus ada waktu palang artinya mengesekusi, siapa mengerjakan apa dan kapan. Contoh Politeknik pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogya-Magelang (Yoma) sudah melakukan sangat baik. Ada waktu palangnya sudah dan melakukan persiapan-persiapan untuk memastikan penambahan lahan bisa dieksekusi," jelasnya.

Baca juga: Mahasiswa Polbangtan Medan terlibat panen perdana padi di Nias

Ia menjelaskan bahwa Ini yang dimaksud percepatan, Januari 2020 sudah siap untuk menambah tanah Polbangtan Yoma sebesar 5 ha.

“Buat jadwal palang untuk masing-masing kegiatan belanja modal. Pembangunan gedung, rehab gedung, peralatan laboratorium, peralatan kantor, kendaraan, hingga penambahan tanah. Belanja modal tersebut harus dibuat jadwal palangnya sampai betul-betul tereksekusi,” katanya. 

Mengenai anggaran yang relatif besar, katanya, harus ada konsultan perencanaan dan output perencanaannya, yang juga harus di selesaikan tahun ini. 

Ia berharap pada Januari 2020, sudah lelang konstruksi lelang fisik bukan lelang perencanaan. 

"Karena Kementerian Pertanian melalui BPPSDMP fokus dalam menciptakan SDM pertanian yang mandiri, profesional, berdaya saing dan berjiwa entrepreneurship tinggi melalui program pendidikan pertanian, peningkatan penyuluhan dan pelatihan pertanian," jelasnya.

Baca juga: Polbangtan Medan kembangkan Microbacter Alfa-11 di Sergai

Baca juga: Mahasiswa Polbangtan PKL di Tapsel latihan Roasting Kopi di rumah kreatif BUMN
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019