Para pemilih pemula mulai diajak untuk memberikan kontribusi dalam Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Asahan 2020. 

Ajakan tersebut disampaikan Plt Bupati Asahan, H Surya kepada ratusan pelajar yang menerima kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e). 

"2020,  Asahan akan mengikuti pilkada serentak,  maka itu diharapkan para pelajar kedepan bisa ikut memberikan hak pilih di pilkada Asahan, " ungkap Surya di SMAN 2 Kisaran dan SMAN 1 Air Batu, Selasa (3/9/). 

Selain itu, Surya mengatakan penyerahan KTP-e kepada pelajar merupakan salah satu program nawacitanya Presiden Republik Indonesia Ir Jokowidodo yakni Pemerintah hadir ditengah-tengah masyarakat.

"Karena kegunaan KTP-e ini sebagai identitas diri. Selain itu  juga berfungsi sebagai kelengkapan dalam pengurusan administrasi surat lainnya, " ujar Surya sembari meminta kepada pelajar untuk menjaga kartu tersebut dengan baik. 

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Asahan, H Suprianto melaporkan bahwa pada hari ini Disdukcapil Asahan menyerahkan KTP-e kepada para pelajar di 2 sekolah sebanyak 124 KTP yang terdiri dari 49 KTP di sekolah SMAN 2 Kisaran dan 75 KTP di Sekolah SMAN 1 Air Batu.

Baca juga: 2019, Pemkab Asahan bangun 2 pasar rakyat

"Selain itu program KTP-e ini merupakan program Disdukcapil Kabupaten Asahan yang diberi nama go to school  dan memiliki tujuan untuk mensukseskan visi misi Pemerintah Kabupaten Asahan dalam melayani masyarakat dalam melakukan pelayanan publik, "ucap Supriyanto. 

Beliau juga menghimbau kepada para Kepala Sekolah untuk mengarahkan para siswanya untuk melakukan perekaman di Kantor Camat ditempat mereka tinggal, sehingga program visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan dalam mempercepat laju e-KTP di Kab. Asahan tercapai.

"Dan kepada UPT Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara diharapkan dapat memberikan disfensasi kepada para siswa yang ingin melakukan perekaman e-ktp, " sebut Supriyanto. 

Baca juga: Aburizal Bakrie resmikan Masjid Agung Kisaran

Baca juga: PPID dan wartawan Asahan satukan persepsi

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019