Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan membangun 2 pasar rakyat. Pembangunan dilakukan di Kelurahan Kedai Ledang, Kecamatan Kisaran Timur dan di Desa Tinggi Raja, Kecamatan Tinggi Raja.

Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan melalui Kabid pengelolaan Pasar, Azhar Lubis menjelaskan pembangunan 2 pasar rakyat tersebut bersumber dari dana lokasi khusus (DAK) sebesar Rp2,5 miliar.

Pembangunan di Kedai Ledang ada 9 kios dan bisa menampung puluhan los, sedangkan pembangunan di Tinggi Raja ada 11 kios dan puluhan los.

“Dengan adanya pembangunan pasar rakyat ini, maka bertambahlah jumlah pasar yang dikelola pemerintah. Dan saat ini ada sekitar 17 pasar rakyat yang telah dibangun pemerintah bersumber dari DAK, APBD, Bansos,” ungkap Azhar kepada, Senin (2/9) di gedung dinas setempat.

Keberadaan pasar rakyat yang dibangun bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan perkembangan perekonomian, untuk menjaga harga pangan tetap stabil, meningkatkan daya beli masyarakat, tempat dagang yang layak dan modern serta mempermudah distribusi kebutuhan pokok.

"Semoga dengan banyak pasar rakyat bisa meningkatkan ekonomi masyarakat," sebut Azhar, sembari mengatakan pembangunan 2 pasar rakyat tersebut harus selesai pada bulan November 2019.
 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019