KPU Binjai perkenalkan "Daulat Pemilih Daulat Daerah"

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai memperkenalkan dan mensosialisasikan "Daulat Pemilih Daulat Daerah".

Hal itu disampaikan Anggota KPU Binjai Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Robby Effendi, di Binjai, Senin.

Ia mengatakan salah satu hasil dari kegiatan Konsolidasi Regional Partisipasi Masyarakat yang digelar KPU RI di Bukit Tinggi, akhir pekan lalu adalah memperkenalkan dan mensosialisasikan tema besar Pilkada serentak 2020.

"Banyak hal yang dibahas, salah satu diantaranya adalah menetapkan dan memperkenalkan tema besar yaitu Daulat Pemilih Daulat Daerah. Tema besar ini akan dikukuhkan saat Konsolidasi Nasional akhir September mendatang," kata Robby.

Baca juga: KPU Binjai tetapkan 30 anggota DPRD

Tema besar Pilkada Serentak 2020 itu dirumuskan dan dibacakan langsung saat acara penutupan Konsolidasi Regional oleh Anggota KPU RI Divisi Partisipasi Masyarakat Wahyu Setiawan.

Hadir juga Anggota KPU RI Evi Novida Ginting dan Ilham Saputra serta Anggota KPU Sumut Divisi Partisipasi Masyarakat Benget Silitonga. 

Robby menyampaikan kegiatan ini dibuka oleh Ketua KPU RI Arif Budiman, dilanjutkan dengan paparan dari Bawaslu RI, Ketua DKPP RI dan Ketua Komisi II DPR RI.

Hari ke-dua juga diisi oleh diskusi dengan tema upaya menangkal hoax serta strategi meningkatkan partisipasi masyarakat dengan meminimalkan hoax pada pemilihan 2020 dan perspektif hukum dan politik.

Kegiatan konsolidasi yang diikuti seluruh KPU di Wilayah Sumatera termasuk seluruh KPU dari Sumut ini juga membagi kelas-kelas diskusi kelompok guna mempertajam pembahasan yang menyangkut tema strategi peningkatan parmas pemilihan 2020, revitalisasi Rumah Pintar Pemilu dalam menunjang pendidikan pemilih dan optimalisasi pemanfaatan media dan website KPU.

Baca juga: KPU Binjai ajukan anggaran Rp17 miliar untuk Pilkada 2020

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019