Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan Zainal Fakhruddin mengatakan Desa Palopat Pijor Koling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial.

"Peresmiannya dilakukan oleh Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Arwin Siregar," kata Zainal yang memiliki wilayah kerjanyaTapanuli Bagian Selatan, hingga kepulauan Nias yang menghubungi Antara, Selasa (27/8).

Dia menambahkan bahwa Sekda Letnan Dalimunthe dan Camat Tenggara Zulkifli  juga hadir mendampingi Arwin dalam peresmian yang ditandai penekanan tombol sirene tersebut.

Selanjutnya BPJS Ketenagakerjaan - Desa Pijor Koling menandatangani nota kesepakatan atau "MoU" tentang sinergi program jaminan sosial ketenagakerjaan.  
 
"Dengan desa sadar maka seluruh masyarakatnya yang bekerja akan mendapatkan perlindungan jaminan sosial dari resiko resiko kerja, sekaligus menghndari kekhawatiran warga saat beraktivitas," katanya sembari menyebut desa ini bisa menjadi pilot project bagi desa lainnya.

Wakil Walikota Arwin dalam sambutannya mengatakan menyambut baik Desa Palopat Pijor Koling menjadi desa sadar jaminan sosial dengan harapan dapat diikuti desa-desa lainnya di daerah ini.

"Pemko berharap agar seluruh 42 desa dan 37 kelurahan yang ada dapat mengikuti langkah Palopat Pijor Koling sebagai desa sadar dalam rangka memberikan jaminan resiko bekerja kepada warganya," harapnya.

Sementara Camat Tenggara Zulkifli juga sepakat dengan apa yang disampaikan Wakil Wali Kota Arwin agar seluruh desa/kelurahan khususnya di wilayah kerjanya Tenggara bisa menjadi desa sadar.

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan mencatat bahwa Palopat Pijor Koling desa pertama di daerah ini sebagai desa sadar jaminan sosial. Semua perangkat desanya berjumlah sekitar 600 orang sudah masuk terdaftar sebagai peserta.

Zainal lebih jauh mengatakan launching desa sadar dan penandatanganan "MoU" ini turut disaksikan pihak Bappeda, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Damkar, Dinas Koperasi dan Perdagangan, Naker, PMD, dan undangan lainnya.

Baca juga: SMPN 1 Marancar butuh guru olahraga dan agama

Baca juga: BBKSDA ajak generasi muda Tapanuli Selatan duta konservasi

 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019