Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Sumut diinapkan di rumah masyarakat Palu untuk lebih cepat bersosialisasi. 

"Tujuan diinapkan di rumah masyarakat Palu agar para siswa berbaur dengan. masyarakat di Palu, " ujar Kasubbag Pengembangan SDM PTPN IV,  Turino Januar Budyanto  di Palu,  Minggu. 

Dengan berbaur di tengah masyarakat,  maka diharapkan siswa asal Sumut lebih cepat mengadopsi kebudayaan masyarakat Palu. 

Dengan menginap,  para siswa otomatis mempunyai orang tua angkat atau keluarga baru di Palu. 

Baca juga: Peserta SMN asal Sumut diperkenalkan kebudayaan Palu

"Sesuai program SMN untuk mengenalkan nusantara kepada siswa,  maka program menginapkan siswa   di tengah masyarakat dinilai tepat, " ujar Rino panggilan akrab Turino yang menjadi salah satu tim pendamping siswa Sumut dari PTPN IV. 

Rino menjelaskan,  saat menginap di rumah warga selama dua hari,  siswa melakukan banyak aktivitas seperti membersihkan rumah dan lingkungan di sekitarnya secara gotong royong bersama masyarakat. 

Kemudian melakukan aktivitas lainnya bersama masyarakat. 

Baca juga: Peserta SMN asal Sulawesi Tengah mengunjungi Danau Toba

Ketua Program  BUMN Hadir Untuk Negeri (BUHN) PTPN IV, M Riza Fahlevi Naim yang juga Kasubbag Komunikasi dan HE, mengatakan,  rencananya siswa Palu juga diinapkan di rumah warga. 

Namun karena kondisinya kurang memungkinkan antara lain banyak kegiatan di luar kota,  maka tidak dilakukan. 

"SMN yang merupakan salah satu program BUHN memang bertujuan  untuk mengenalkan siswa dengan  nusantara agar kecintaan terhadap bangsa dan negara yang semakin kuat," ujar Riza.

Baca juga: Peserta SMN asal Sulteng mengunjungi SMA Del

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019