Peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sulawesi Tengah mengunjungi Danau Toba, Sumatera Utara, Minggu (18/8).

Dalam kunjungan tersebut, para siswa berkesempatan mengelilingi Danau Toba dengan menggunakan kapal Ferry.

Selain menikmati destinasi wisata Danau Toba, para siswa juga diberi pengetahuan tentang sejarah Danau Toba.

Danau Toba adalah danau alami berukuran besar di Indonesia yang berada di kaldera Gunung Berapi Super. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mi), dan kedalaman 1600 meter (5200 ft). 

Danau ini terletak di tengah pulau Sumatera bagian utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter (2953 ft). 

Danau Toba memiliki 7 kabupaten yakni Kabupaten Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir.

Baca juga: Peserta SMN asal Sulteng mengunjungi SMA Del

Baca juga: SMN asal Sulteng diberi pemahaman tentang Pancasila

"Danau Toba ini adalah keajaiban alam menakjubkan di Pulau Sumatera, juga sebagai salah satu destinasi terpopuler di Sumatera Utara yang paling diminta wisatawan mancanegara," kata Sigolap selaku pemandu wisata.

SMN 2019 ini diikuti oleh 35 siswa yang berasal dari 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara, termasuk dua diantaranya siswa berkebutuhan khusus dan akan berangkat ke Sulawesi Tengah.

PIC dari Program SMN 2019 di Provinsi Sumatera Utara yakni PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV dan Co-PIC adalah PT. Kawasan Industri Medan (KIM) dan Jasa Tirta I.

Sementara siswa dari Sulawesi Tengah yang berangkat ke Sumatera Utara sebanyak 23 orang ditambah 3 guru pendamping yang dikoordinir PT.Inalum bersama BGR Logistic.

Baca juga: Peserta SMN asal Sulteng ikuti peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kebun Pabatu PTPN IV
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019