Warga Kabupaten Langkat yang ikut melaksanakan kurban dalam rangka Idul Adha 1440 Hijriah hingga hari ketiga ini mencapai 7.060 ekor sapi, kambing dan domba pada 20 kecamatan yang ada, sementara tiga kecamatan lagi masih dalam pendataan. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Langkat Nasiruddin, di Stabat, Rabu.

"Masih terdapat tiga kecamatan lagi yang datanya belum masuk namun hingga sekarang ini data 20 kecamatan sudah masuk," katanya.

"Dari keseluruhan data yang sudah masuk itu untuk kurban sapi sebanyak 4.454 ekor, 1.068 ekor kambing dan 2.538 ekor domba sehingga keseluruhannya berjumlah 7.060 ekor, "

Namun, selain ketiga jenis hewan yang dikurbankan itu ada juga kerbau yang dikurbankan oleh warga sebanyak enam ekor dimana bila dibandingkan dengan tahun yang lalu ada peningkatan untuk pemotongan hewan kerbau ini.

Untuk kurban sapi terbanyak dilakukan oleh warga Kecamatan Stabat mencapai 469 ekor, untuk kambing terbanyak dikurbankan warga Kecamatan Hinai 144 ekor, dan untuk domba terbanyak dikurbankan warga Kecamatan Binjai mencapai 284 ekor.  

"Alhamdulilah pemotongan hewan kurban yang dilakukan tahun ini semuanya berjalan lancar, aman, dan seluruhnya dalam kondisi sehat. Pihaknya juga berterima kasih kepada petugas di lapangan yang terus memantau kesehatan dari pada hewan yang hendak dipotong baik pada hari pertama maupun sekarang ini.

Baca juga: "Sipanten Berinai" Kecamatan Hinai diluncurkan menjadi inovasi pelayanan publik

Baca juga: "Brandan Bumi Hangus" kebanggaan bagi masyarakat Langkat

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019