Bupati Kabupaten Langkat TR Peranginangin menyampaikan peringatan Brandan Bumi Hangus (BBH) merupakan kebanggaan bagi masyarakat di daerah itu dan membuktikan punya sejarah tinta emas bagi pengisian kemerdekaan negara ini.

Hal itu ia disampaikan di Pangkalan Brandan, Selasa, saat menghadiri peringatan Berandan Bumi Hangus (BBH) ke-72 tahun 2019, di Lapangan sepak bola Petrolia Pertamina Pangkalan Brandan, Kecamatan Sei Lepan.

Sesuai dengan tema yang dipilih tahun ini, Brandan Bumi Hangus  kesetiaan kepada bangsa,”pungkasnya. Peristiwa perjuangan itu terjadi, pada 13 Agustus 1947, dengan menelan banyak korban, baik korban harta benda maupun korban nyawa, demi mewujudkan satu tekad yaitu merdeka atau dijajah.

Semangat pantang menyerah tersebut, bukti kegigihan para pejuang, demi mempertahankan harga diri bangsa serta kerelaan sikap berkorban. Hal ini merupakan cerminan yang harus terus digelorakan dari waktu ke waktu, dalam denyut perjalanan kehidupan generasi bangsa.

“Untuk itu, mari kita bersama melanjutkan cita-cita perjuangan para pendahulu kita, dengan mengisi keseharian aktivitas, tugas dan tanggung jawab kita, sesuai peran dan fungsi masing masing, dengan  kesungguhan dan kejujuran serta rasa tanggung jawab,”tegasnya.

Bupati Langkat, mengucapkan terima kasih kepada  semua pihak, anak genarasi muda khususnya yang telah menyemarakkan rangkaian kegiatan ini, serta kepada tokoh masyarakat Brandan yang mempelopori lahirnya Perda Nomor 8 Tahun 1995 tentang BBH diantaranya Almarhum Hasan Perak, Syamsul Arifin, H Syarifuddin Basyir,  Almarhum Ishak Tumengkol,  Yan Syahrin, Zainal Aka serta lainnya.

“Saya ucapkan terimkasih juga kepada Menejer Pertamina R.U II Dumai Pangkalan Brandan, yang telah mempersiapkan lokasi dan sarana prasarananya bagi suksesnya acara ini,”sampainya.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi diwakili Staf Ahli Gubsu Bidang Ekonomi , Keuangan Aset dan  SDM Agus Tripryono mengatakan sebagai generasi penerus perjuang dan pembangunan bangsa, harus memiliki jiwa dan semangat patriotik dengan penuh pengorbanan seperti para pendahulu.

“Selaku pemerintah Provinsi Sumatera Utara kami menghimbau kepada masyarakat Langkat, agar peringatan BBH  kali ini,  dapat meningkatkan semangat untuk melakukan berbagai kegiatan yang bernilai positif  dan bermafaat bagi diri pribadi maupun masyarakat. Melalui peningkatan pengetahuan , kerja keras, dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah,”uangkapnya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019