Dua siswa berkebutuhan khusus asal Sumatera Utara (Sumut) terpilih untuk mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 dan akan diberangkatkan ke Sulawesi Tengah.

Kasubag Pengembangan SDM PTPN IV, Turino Januar Budyanto di Medan, Sumut, Selasa, mengatakan kedua siswa berkebutuhan khusus yang terpilih ikut program SMN tersebut yakni Resnita Tumangger siswa dari SLB Negeri Salak, Kabupaten Dairi, dan Diana dari SLB Batubara.

"Sebenarnya ada tiga siswa berkebutuhan khusus yang terpilih untuk ikut SMN ke Sulawesi Tengah, namun satu orang atas nama Febiola Situmorang dari SLB Karya Tulus Deliserdang batal berangkat karena sedang sakit," katanya.

Kedua siswa berkebutuhan khusus tersebut berangkat ke Sulawesi Tengah bersama 33 siswa lainnya bersama tiga guru pendamping yang menurut rencana akan berangkat 15 Agustus 2019 melalui Bandara Kualanamu.

Baca juga: Peserta SMN kunjungi Kebun Adolina PTPN IV

Baca juga: Terpilih menjadi peserta SMN 2019, Atikayana : Terima Kasih PTPN IV

"Sebelum berangkat mereka mendapat pembekalan terlebih dahulu seperti pengenalan jurnalistik, penulisan, foto dan video (Vlog) untuk media sosial sekaligus menggunakan akun media sosial.

"Mereka juga berlatih kesenian seperti tarian dan nyanyian. Siswa Sumut akan berangkat ke Sulawesi Tengah melalui Bandara Kualanamu Kamis 15 Agustus, sementara siswa asal Sulawesi Tengah sampai di Medan Rabu 14 Agustus 2019," katanya.

Sementara Resnita Tumangger sendiri mengaku senang bisa terpilih untuk mengikuti program SMN tersebut, karena demikian akan mengenal daerah lain seperti halnya Sulawesi Tengah yang akan menjadi daerah tujuan nantinya.

"Senang sekali bisa terpilih. Karena saya bisa mengenal kebudayaan daerah lain dan yang lebih penting lagi saya bisa menambah teman," katanya.


Baca juga: Peserta SMN dengarkan pengolahan kelapa sawit di pabrik PTPN IV

Baca juga: Siswa SMN dikenalkan profil singkat PTPN IV dan PT KIM

Baca juga: PTPN IV minta peserta SMN jaga nama baik Sumut

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019