Pelajar asal Sumatera Utara yang mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) diminta untuk selalu menjaga kekompakan dan nama baik Sumatera Utara selama berada di Palu, Sulawesi Tengah.

Kabag SDM  PTPN IV, Budi Susanto, di Medan, Senin, mengatakan, siswa yang terpilih untuk mengikuti Program SMN itu adalah siswa-siswa pilihan dari daerahnya masing-masing, karena mereka berhasil lolos seleksi yang digelar oleh dinas pendidikan.

Artinya, lanjut dia, sebagai siswa pilihan tentunya menjadi kebanggaan sekolah dan daerah asal, dan untuk itu selama di Palu Sulawesi Tengah, harus menjadi duta dalam mengenalkan Sumut kepada masyarakat di sana.

Bukan hanya mengenalkan budaya Sumut, namun juga mengenalkan berbagai potensi pariwisata, demikian juga sebaliknya mereka juga akan mengenal berbagai budaya masyarakat di Sulawesi Tengah dengan berbagai tradisi budayanya.

Baca juga: 35 siswa terbaik Sumut terpilih ikut Program SMN 2019
  
"Terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras demi suksesnya acara ini. Program ini adalah bagian dari Program BUMN hadir untuk negeri," katanya.

Program SMN ini, lanjut dia, memiliki berbagai tujuan di antaranya untuk menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini kepada kaum muda karena memang Indonesia memiliki berbagai potensi yang sangat luar biasa, bukan hanya perkebunan namun juga pertambangan dan lainnya.

Jadi tidak ada alasan Indonesia jadi tertinggal, karena berbagai potensi yang ada tersebut jika dikelola dengan baik maka akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"Tinggal bagaimana kita mengolah potensi tersebut menjadi hal yang bermanfaat untuk kesejahteraan rakyat. nah tugas para siswa sekarang inilah ke depannya untuk mengelola berbagai potensi tersebut," katanya.

Baca juga: Pertukaran pelajar Sumut-Sulteng melalui Program SMN

SMN merupakan program rutin yang digelar setiap tahun oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan untuk tahun 2019 di Sumut bertindak sebagai penyelenggara adalah PTPN IV selaku koordinator berserta, PT. Jasa Tirta I, dan PT. KIM.

Program SMN tahun ini dari Sumatera Utara sebanyak 35 siswa yang terpilih setelah melewati seleksi yang digelar dinas pendidikan setempat.

Ke-35 siswa tersebut merupakan perwakilan dari 33 kabupaten/kota dan dua siswa berkebutuihan khusus dari SLB Negeri Salak Dairi dan SLB Negeri Batubara. Mereka selama kegiatan nantinya akan didampingi oleh dua guru pendamping dan satu dari dinas pendidikan.

Baca juga: Siswa SMN dikenalkan profil singkat PTPN IV dan PT KIM

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019