Atikayana Tarigan siswi SMA I Negeri Berastagi, Kabupaten Karo, menyampaikan rasa bangganya bisa terpilih menjadi peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Sumatera Utara yang tahun ini bertindak sebagai pelaksana PTPN IV bersama PT KIM dan Jasa Tirta I.

"Tentunya saya sangat bangga karena bisa terpilih ikut SMN dari sekian banyak siswa yang sebelumnya mendaftar. Ini menjadi kesempatan bagi saya untuk lebih mengenal daerah lain.Terimakasih PTPN IV, KIM dan Jasa Tirta," kata siswa kelas 11 SMA I Negeri Berastagi itu, Selasa.
 
Ia mengaku dengan mengikuti kegiatan tersebut secara pribadi diakuinya akan semakin menambah wawasan tentang nusantara yang selama ini hanya banyak dilihat melalui televisi maupun surat kabar.

Baca juga: Peserta SMN kunjungi Kebun Adolina PTPN IV

Baca juga: PTPN IV juga berangkatkan siswa ABK ikut Program SMN

"Sulawesi Tengah tentunya memiliki banyak budaya tradisional sama seperti di Sumut. Mengenal budaya disana tentunya akan menjadi nilai tambah bagi saya nantinya untuk lebih mengenal Indonesia secara utuh," katanya.

Hal sama juga disampaikan Fairiz Zaguy H Lubis, siswa dari SMA Negeri I Seirampah, Kabupaten Serdang Bedagai yang mengaku sama sekali tidak pernah membayangkan bisa menjadi salah satu duta Sumatera Utara ke Sulawesi Tengah nantinya.

"Sedikit pun tak pernah terbayang sebelumnya bisa berangkat ke Sulut. Terimakasih kepada PTPN IV selaku PIC SMN 2019 bersama PT.KIM dan Jasa Tirta I. Kami akan mengenalkan budaya Sumut di Sulut dan sebaliknya kami juga akan mengenal budaya asli di sana," katanya.

Baca juga: Siswa SMN dikenalkan profil singkat PTPN IV dan PT KIM

Baca juga: Peserta SMN dengarkan pengolahan kelapa sawit di pabrik PTPN IV

PIC dari Program SMN 2019 di Provinsi Sumatera Utara yakni PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV dan Co-PIC adalah PT. Kawasan Industri Medan (KIM) dan Jasa Tirta I.

SMN 2019 ini diikuti oleh 35 siswa yang berasal dari 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara, termasuk dua di antaranya siswa berkebutuhan khusus dan akan berangkat ke Sulawesi Tengah.

Baca juga: PTPN IV tukarkan pelajar Sumut-Sulteng melalui Program SMN

Baca juga: 35 siswa terbaik Sumut terpilih ikut Program SMN 2019

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019