Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, Sumatera Utara, H Iwan Zulhami mengatakan seorang jamaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Langkat, Umi Kalsum Muhammad Yusuf Binti Yusuf (62) ditunda keberangkatannya menuju Tanah Suci di Arab Saudi, karena mengalami sakit dan telah dikembalikan ke daerahnya untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

"Calon haji yang tertunda keberangkatannya itu adalah Umi Kalsum, warga Jalan Telaga Said Gang Sekata Pelawi Utara, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara," katanya di Medan, Minggu.

Umi Kalsum, katanya, semestinya  tergabung pada kloter 02 Embarkasi Medan, yang pada Sabtu (13/7) sore berangkat bersama sebanyak 387 jamaah calhaj kloter 02 asal Kabupaten Langkat dari Asrama Haji Medan, menuju Tanah Suci.

Ia menjelaskan calhaj tersebut diketahui mengalami sakit kanker payudara setelah dilakukan diagnosa oleh tim kesehatan poliklinik di Asrama Haji Medan.

Setelah pemeriksaan tersebut, katanya, tim kesehatan memutuskan Umi Kalsum batal berangkat ke Madinah.

"Saat ini, Umi Kalsum telah dipulangkan ke rumahnya untuk dirujuk ke rumah sakit," kata Iwan Zulhami, yang juga Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara itu.

Kelompok terbang (Kloter) 02 JCH yang berasal dari Kabupaten Langkat tercatat jumlah 388 orang, satu orang sakit, ditambah 5 petugas haji daerah dan pusat. Dari jumlah sebanyak 388 jamaah calhaj itu, terdiri atas 161 pria dan 226 wanita.

Pada pemberangkatan jamaah calhaj tersebut juga dihadiri Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin-angin, Wakil Bupati Langkat Syah Afandin, dan para undangan lainnya.

Jumlah jamaah calhaj asal asal Provinsi Sumatera Utara yang berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 2019 tercatat sebanyak 8.641 orang dan terdiri atas 22 kloter.

 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019