Komitmen Pemkot Sibolga di bawah kepemimpinan Syarfi Hutauruk untuk mewujudkan Sibolga Smart City dibuktikan lewat peluncuran aplikasi Citizen Relation Management (CRM) Kota Sibolga.

Melalui layanan aplikasi ini, setiap pengaduan dari masyarakat langsung terintegrasi ke CRM.

Demikian dikatakan Kepala Diskominfo Kota Sibolga, Hermanto, kepada wartawan, Jumat (12/7) di Sibolga.

Menurutnya dukungan dan sinergitas dari seluruh OPD hingga pihak kelurahan untuk turut menyukseskan sistem penanganan pengaduan masyarakat terintegrasi, melalui aplikasi CRM.

“Dengan bersikap responsif menindaklanjuti setiap keluhan ataupun pengaduan dari masyarakat dengan tindakan yang terukur, efektif dan efisien, sesuai dengan bidang kewenangan masing-masing. Sehingga Sibolga Smart City dapat terus meningkat perwujudannya,” kata Hermanto.

Sementara itu Wali Kota Syarfi Hutauruk dalam sambutannya, kata Hermanto, menyampaikan banyak hal yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Sibolga untuk menjadikan kota Sibolga sebagai Smart City (kota pintar). Salah satunya pemanfaatan E-Government.

“Sesuai dengan rencana induk program Quick Win menuju Sibolga Smart City, salah satunya adalah Sibolga Command Center yang telah berjalan dengan baik, yang di dalamnya terdapat berbagai aplikasi yang terintegrasi. Hari ini kembali launching lagi aplikasi CRM, yang digunakan sebagai salah satu wadah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dan terintegrasi dengan Command Center,” ujar Syarfi.

Wali Kota juga menekankan, pelayanan menggunakan aplikasi CRM mengedepankan penanganan pengaduan masyarakat yang terintegrasi berbasis sistem geo-tagging yang terhubung dengan ruangan Sibolga Command Center.

“Melalui launching aplikasi ini, saya perintahkan agar aplikasi ini dimaksimalkan di setiap OPD hingga kelurahan. Sehingga penyelenggaraan pelayanan dan penanganan pengaduan masyarakat dapat lebih responsif, efektif, efisien dan terukur, sebagaimana harapan Kepala Diskominfo tadi dapat diwujudkan,” ucap wali kota.

Baca juga: Kembali Wali Kota Sibolga raih penghargaan

Baca juga: Di Sibolga, dokter yang datang ke rumah pasien

Baca juga: Ketua PKK Sibolga: Berbuatlah demi masyarakat tanpa mengharapkan pujian
 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019