Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto - Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Irwa Zaini Adib melakukan tanam perdana Kopi Ateng di Kecamatan Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kapolres Irwa dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (12/7) malam, mengatakan, lahan kopi ateng tersebut milik KUD Lancat Nauli di Kelurahan Lancat Jae, Kecamatan Arse.

"Kegiatan tanam perdana ini merupakan bentuk dukungan TNI dan  Polri kepada Pemkab untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya petani kopi di daerah ini," katanya.

Kapolres tegas menyatakan Kepolisian dan TNI mendukung penuh program-program  pemerintah apalagi bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

Bupati Tapanuli Selatan diwakili Kadis Pertanian setempat Bismark Muaratua Siregar mengatakan, bahwa Pemkab saat ini terus menggalakkan penanaman kopi di tengah masyarakat.

"Dari hasil penelitian Kecamatan Arse salah satu dari sekian daerah di Tapanuli Selatan yang cukup berpotensi untuk pengembangan kopi, karena, letak daerahnya berada di ketinggian," katanya.

Bahkan Pemkab Tapanuli Selatan akan terus berupaya mendorong mendukung kelompok tani membuka lahan baru untuk pengembangan kopi.

Ketua KUD Lancat Nauli, Haposan Pasaribu juga, mengapresiasi Dandim dan Kapolres yang telah bersedia melakukan tanam perdana kopi ateng di lahan kelompok tani tersebut.

"Terimakasih juga kepada  Pemkab yang sudah mengeluarkan ijin lahan seluas lebih kurang 130 hektare untuk pembudidayaan kopi ateng di areal perkebunan Aek Godang, Kelurahan Lancat Jae, Kecamatan Arse," ucapnya.

Dari total 130 hektare ijin luas lahan diberikan,  katanya, 27 hektare diantaranya dalam waktu dekat sudah siap untuk di panen, dan sisanya sudah akan mulai di tanami kopi.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019