Kabid Pembinaan dan SDM Dinas Perpustakaan Erikson Pakpahan mewakili Wagub Sumatera Utara, H Musa Rajekshah membuka "Literasi Nusantara Danau Toba tahun 2019" di Kabupaten Samosir, Kamis (11/7).

Dalam sambutan tertulis, Wagub Sumut mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada PT Gramedia Asri Media, Pemkab Samosir, Yayasan Alusi Tao Toba dan komunitas pegiat literasi yang telah menyelenggarakan serta mendukung kegiatan untuk mencerdaskan anak bangsa itu.

Dia berharap masyarakat mengambil pembelajaran dari kegiatan Literasi Nusantara, sehingga tumbuh generasi literasi di Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Samosir.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Samosir, Lastuana Simbolon juga menyampaikan apresiasi kepada Gramedia dan menjadikan Samosir tuan rumah kegiatan.

Dia berharap kegiatan literasi terus dikembangkan dalam upaya mencerdaskan anak bangsa, dan secara khusus melalui perangkat daerah yang dipimpinnya supaya Samosir menjadi tuan rumah kembali.

Publishing and Education Director PT Gramedia Asri Media, Suwandi S Brata mengajak masyarakat mengupayakan literasi menjadi gerakan yang hidup dalam mengembangkan kecerdasan anak bangsa.

Dikatakan, literasi berkaitan langsung dengan kemajuan bangsa, karena orang yang terpapar literasi memiliki wawasan luas sehingga berkemampuan mengambil keputusan dan memiliki keahlian dalam perencanaan dengan hasil kerja nyata.

Literasi Nusantara Danau Toba menggelar berbagai kegiatan, di antaranya lomba mewarnai untuk tingkat TK dan SD, resensi buku (pelajar dan umum), bercerita bahasa Batak, menulis aksara Batak, karnaval perahu literasi dan permainan tradisional serta seminar nasional.

Kegiatan dipusatkan di Lopo Hotel Tomok Kecamatan Simanindo pada 11-13 Juli 2019.


 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019