Pemerintah Kabupaten Nias, Sumatera Utara, memberikan beasiswa kepada 3.291 pelajar sekolah dasar (SD) dan sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) di daerah itu sebagai salah satu upaya mendorong peningkatan pendidikan.

Sekretaris Daerah Nias Drs F Yanus Larosa di Nias, Rabu, mengatakan, beasiswa berupa uang pembinaan tersebut diberikan kepada siswa-siswa yang berprestasi.

Penyaluran beasiswa berprestasi tujuannya untuk meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Nias sesuai amanat konstitusi.

Karena, menurut dia, sektor pendidikan merupakan salah satu pilar penting yang mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten Nias.

Sehingga Pemkab Nias memberi perhatian dan penghargaan kepada peserta didik yang memiliki prestasi terbaik di sekolah dengan memberikan beasiswa.

Dalam kesempatan itu ia juga mengatakan pemberian beasiswa berprestasi kepada siswa SD dan SLTP berprestasi dibagi dalam dua tahap yaitu semester I dan semester II.

"Beasiswa diberikan kepada siswa yang berprestasi di semua tingkatan dari SD sampai SLTP tanpa memandang status sosial ekonomi," katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Nias Syukur Arman Mendrofa mengatakan penerima beasiswa tahap I tahun 2019 berjumlah 3.291 pelajar yang terdiri dari 2.847 pelajar SD dan 444 SLTP.

Setiap pelajar berprestasi tingkat SD menerima beasiswa sebesar Rp 420.000 bagi juara I, Rp375.000 bagi juara II dan Rp 360.000 bagi juara III.

Sedangkan untuk pelajar tingkat SLTP menerima beasiswa sebesar Rp 546.000 bagi juara I, Rp 507.000 bagi juara II dan Rp 480.000 bagi juara III.
 

Pewarta: irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019