Sebanyak 14 pejabat tinggi pratama di lingkungan kerja Pemkab Tapanuli Selatan mengikuti test asesmen psikologi dalam rangka pemetaan kompetensi manajerial pejabat.

"Ini langkah pembinaan untuk peningkatan profesionlisme para pejabat ASN sesuai proporsinya masing-masing," kata Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul M.Pasaribu.

Bupati mengatakan itu diwakili Sekda Tapanuli Selatan, Parulian Nasution, saat sambutan kegiatan asesmen bekerjasama Universitas Sumatera Utara (USU) di Kantor Bupati setempat, di Sipirok, Senin (17/6).

"Profesionalitas, kualitas, kompetensi manajerial individu pejabat dalam tugasnya penting diukur apakah betul - betul kualifait dalam pelayanan, pembangunan dan kemasyarakatan, ini penting kedepan," katanya.

Kegiatan ini juga tidak lepas mendorong  membantu visi dan misi Pemkab mewujudkan masyarakat Tapanuli Selatan yang sehat, cerdas dan sejahtera.

"Kegiatan asesmen psikologi  semata untuk melihat potensi kemampuan individu dengan jabatannya atau sering diistilahkan "the right man on the right job and the right man on the right place". katanya.

Dikatakan, pejabat yang membantu dan memberhasilakan tugas-tugas kepala daerah setiap harinya sudah pasti sangat dibutuhkan dedikasi, loyalitas dan komitmen yang tinggi.
 
Dalam test asesmen psikologis ini berbagai materi diuji oleh tim penguji USU yang diketuai Pahmi Ananda, diantaranya materi pengetahuan umum dan logika sesuai interest dan skill serta eksperience personality masing masing.

Dari hasil test psikologi nantinya tim USU akan menterjemahkan siapa sebenarnya diri dari seluruh peserta dengan test pertama ujian tertulis, test kedua kegiatan diskusi, dan test ketiga wawancara individual.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019