Harga cabai merah asal Toba di pajak Pandan Tapanuli Tengah sampai saat ini masih bertahan pada harga Rp70.000 per kilogram.

"Baru dua hari ini turun harganya menjadi Rp70.000 per kilogram. Kemarin itu pas usai libur lebaran harganya Rp100.000, makanya saya hanya ambil 20 kg untuk stok dijual, siapa tahu harga cabai nanti tiba-tiba turun," kata boru Sitompul penjual sayur mayur dan bumbu masak di pajak Pandan, Kamis (13/6) siang.

Ia mengungkapkan, bahwa harga beli cabai merah asal Toba dari pihak agen per kilogram nya sudah Rp67.000, tingginya harga dari agen yang membuat mereka terpaksa menjual Rp70.000 per kilogram.

Sementara itu menurut boru Manalu, harga cabai merah di kiosnya dijual Rp65.000 per kilonya, padahal sebelumnya ia sempat menjual Rp60.000.

“Harganya tidak normal pak, kadang naik kadang turun. Untuk hari ini saya menjual Rp65.000 per kilogram nya, kemarin Rp60.000,” ungkapnya.

Salah seorang pembeli cabai merah yang ditemui di pajak Pandan, Ratna, mengaku, karena mahalnya harga cabai merah, ia pun mengirit untuk membeli cabai agar uang belanya mencukupi untuk kebutuan dapur lainnya.

“Kami tidak tahu dimana permasalahan kenapa harga cabai merah ini masih tinggi. Mohonlah kepada pemerintah daera untuk membantu mencarikan solusi kenapa harga cabai merah ini tetap mahal,” pintanya.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019