Harga cabai merah keriting di Pasar Sibolga Nauli, Sibolga Sumatera Utara berada diposisi Rp50.000-60.000 per kilo gram.

Harga tersebut telah mengalami penurunan dari hari-hari sebelumnya.

Hal itu diungkapkan sejumlah pedagang cabai merah yang ditemui di Pasar Sibolga, Rabu (12/6) sore.

“Hari ini kami jual Rp60.000/kg, itu pun sudah turun dari harga Rp70.000, kemarin,” ujar boru Simatupang, salah seorang pedagang cabai merah.

Berbeda dengan harga cabai merah yang dijual di pintu masuk Pasar Sibolga Nauli. Per kilonya cabai merah asal Toba itu dijual seharga Rp50.000.

“Ini cabai merah dari Toba dan harganya sudah turun. Kemarin itu kita jual seharga Rp70.000. Sedangkan harga cabai merah dari Solok kisaran Rp30.000-Rp35.000 per kilonya,” kata salah seorang pedagang.

Harga cabai merah yang diungkapkan para pedagang ini berbeda dengan penjelasan Kadis Perindag Sibolga, Robinhot Panjaitan.

Ia menjelaskan bahwa harga cabai merah asal Toba di Pasar Sibolga Nauli sudah turun menjadi Rp45.000 per kilognya. Bahkan ada yang menjual Rp25.000 per kilo nya.

“Sudah turun harga cabai merah. Kata siapa masih mahal? Ini daftar harga kebutuhan di Pasar Sibolga untuk hari ini Rabu (12/6),” ungkap Robinhot sembari menunjukkan daftar harga yang ada di ponselnya ketika dikonfirmasi di kantor Wali Kota Sibolga.

Ia juga mengungkapkan bahwa stok cabai merah mencukupi di Sibolga dan terjadinya kenaikan hari cabai pascaLebaran menjadi bahan evaluasi mereka.

“Kita juga bigung kenapa harga cabai merah asal Toba ini bisa naik, sementara stok tersedia,” ungkapnya.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019