Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru akan membangun fasilitas umum berupa MCK (mandi cuci kakus) yang representatif bagi masyarakat Dusun Gunung Hasahatan (Pargodungan) Desa Batang Paya, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Kami sungguh gembira dan mengucapkan terimakasih kepada PLTA Batang Toru," kata Derlan Hutabarat, Ketua BPD Pargodungan pada pertemuan dengan pihak PT.Norht Sumatera Hydro Energi (NSHE) di Dusun Pargodungan, Sabtu (25/5) sore.

Mewakili pihak pelaksana PLTA Batang Toru, Publik Relation NSHE, Dede Wafiza Ashia, kepada masyarakat Pargodungan, dalam tahap edukasi ke masyarakat menjelaskan pentingnya MCK yang baik untuk menjaga kesehatan masyarakat.

"Hari kita masih tahap edukasi, rencana tiga pekan pasca-Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah MCK masyarakat akan segera direnovasi. Sistem pengerjaannya semacam padat karya bergotong royong bersama masyarakat, hanya kita membiayai," katanya.

Sesuai harapan warga Pargodungan terdahulu bidang ekonomi masyarakat, juga bibit tanaman, Dede mengatakan secara bertahap akan diwujudkan, yang penting yang pertama soal kesehatan bisa terjaga.

Setelah mendapat edukasi dari Bidan, Tumbur, bagaimana Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), masyarakat Pargodungan menyatakan komit bersama menjaga lingkungan, tidak buang BAB sembarang tempat.

Untuk diketahui, Dusun Pargodungan yang berpenduduk sekitar 34 kepala keluarga ini sebanyak 28 KK adalah eks pemilik lahan yang bersentuhan langsung lokasi PLTA Batang Toru.
 
Lebih jauh, Derlan Hutabarat, berharap seluruh rencana program masyarakat dapat diwujudkan PLTA Batang Toru dan berkesinambungan bukan sekadar janji.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019