Asisten Pemerintahan Pemerintah Kabupaten Langkat Drs Abdul Karim MAP menyampaikan penumbuhan wirausaha baru, menjadi pilihan untuk menekan angka pengangguran serta mendorong pertumbuhan ekonomi di pedesaan, di Stabat, Selasa. 

Oleh sebab itu, saya minta kepada seluruh SKPD terkait, agar bersinergi dalam menyusun program kegiatannya, memprioritaskan kegiatan penumbuhan wirausaha baru. Melalui kegiatan pelatihan-pelatihan keterampilan kerja bagi masyarakat usia produktif, khususnya didaerah obyek wisata. 

"Harapannya dengan hal ini, masyarakat Langkat akan lebih sejahtera di masa datang," katanya. 

Sebab, sektor usaha Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan usaha yang berbasis masyarakat. Selain itu, sektor usaha ini, mempunyai peran penting dalam menyerap tenaga kerja dan salah satu sektor yang dapat memberi kontribusi pendapatan daerah. 

"Untuk itu sektor usaha Koperasi dan UMKM di Langkat harus terus diperkuat dan di tingkatkan daya saingnya," harapnya. 

Selanjutnya, secara kuantitas jumlah koperasi di Langkat cukup banyak, namun sebagian besar tidak aktif lagi dan mati suri.  
Baca juga: Kominfo Langkat gelar pengajian bulan Ramadhan
Baca juga: Atlet disabilitas Langkat ikuti Peparprov Sumut biaya sendiri

Saya minta koperasi yang tidak aktif lagi dan kelangsungannya tidak dapat diharapkan agar segera dibubarkan dengan mempedomani Undang Undang Nomor 25/1992, tentang perkoperasian serta petunjuk teknis lainnya. 

Sedangkan bagi koperasi yang masih aktif, namun  manfaatnya belum dirasakan masyarakat dan anggotanya, agar terus didorong serta difasilitasi kemampuan SDM pengelolaannya,  melalui pelatihan-pelatihan serta meningkatkan kemampuan permodalannya. 

Serta peningkatan pembinaan melalui pendidikan pelatihan manajemen dan penguasaan informasi teknologi, agar dapat eksis di era globalisasi.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019