KPU  Kabupaten Simalungun membidik 10 basis elemen masyarakat untuk mensukseskan ajang Pemilu serentak tahun 2019 dengan tingkat partisipasi pemilih 78 persen.

"Kami gencar melakukan sosialisasi dibantu 55 relawan demokrasi dalam tiga bulan ini," kata Komisioner Divisi Partisipasi Masyarat, Puji Rahmat Harahap, Senin.

Sasaran itu kepada pemula, marginal, komunitas, kaum perempuan, agama, warganet, kelompok muda, disabilitas, berkebutuhan khusus dan keluarga.

Untuk kelompok disabilitas, penyelenggara ke panti rehabilitasi di Perumnas Batu VI Kecamatan Siantar, dan di sekelompok lain di Beringin Kecamatan Tapian Dolok.

Baca juga: Pemilih Pemilu serentak di Simalungun 638.042 orang
Baca juga: KPU Simalungun luncurkan Rumah Pintar Pemilu

Pihaknya juga ke Lapas Pematangsiantar di Kecamatan Siantar dan Lapas Narkoba di Kecamatan Raya, lokalisasi Bukit Maraja Kecamatan Gunung Malela, dan Pagok Kecamatan Bandar.

KPU juga menyadari kesulitan kelompok masyarakat lanjut usia (Lansia) untuk menentukan pilihan lima jenis surat suara, terutama calon anggota legislatif di semua tingkatan yang tidak pakai gambar, hanya nama, nomor dan partai politik.

"Mereka masuk kategori orang yang mempunyai hambatan dan sesuai ketentuan, bisa didampingi keluarga, termasuk juga disabilitas," katanya.

Begitupun Puji mengimbau pemilih untuk menentukan terlebih dahulu pilihannya sebelum berada di kotak suara guna memudahkan pencoblosan.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019