Monumen peringatan kapal tenggelam KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara di kawasan Desa Tiga Ras, Kabupaten Simalungun, dalam proses perampungan.

Pantauan, Minggu (17/3), replika kapal berbahan plat baja dengan panjang delapan meter, lebar empat meter sudah dipasang di atas beton yang berfungsi sebagai pondasi berketinggian kira-kira delapan meter.

Penampakan pada malam hari, kapal di atas pondasi bernuansa gelap yang disinari sejumlah lampu sorot itu, membuatnya seolah melayang di udara.

Masyarakat setempat mengapresiasi pembuatan replika yang dinilai memberikan keindahan lokasi monumen di seberang Dermaga Tiga Ras itu.

"Kami harapkan bisa menjadi nilai tambah, disamping kenangan terhadap peristiwa dan keluarga korban, juga kunjungan wisata," kata Karman Sinaga, warga setempat.
 
Penampakan replika KM Sinar Bangun di lokasi monunem peringatan di Desa Tiga Ras, Kabupaten Simalungun pada malam hari.(kanan) dan siang hari (kiri) (Antara Sumut/Waristo)
Kepala BPBD Simalungun, Mudahalam Purba mengatakan, monumen itu juga dilengkapi dengan prasasti kronologis peristiwa dan nama-nama penumpangnya.

Pihaknya berupaya merampungkan pengerjaan monumen di wilayah Kecamatan Dolok Pardamean itu pada akhir Maret 2019.

Kapal berpenumpang 188 orang dengan perkiraan 60-an sepeda motor tenggelam pada 18 Juni 2018 kira-kira pukul 16.45 WIB.

Saat itu, kapal dalam pelayaran dari Dermaga Simanindo Kabupaten Samosir menuju Dermaga Tiga Ras Kabupaten Simalungun.

Penyelamatan dan pencarian dilakukan, sebanyak 21 penumpang selamat, tiga ditemukan tewas dan 164 dinyatakan hilang.

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019