Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, memiliki punya potensi besar di bidang kerajinan dan kuliner guna menampung tenaga kerja maupun juga untuk meningkatkan pendapatan para pengelolanya.

Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Langkat Sutrisuanto di Stabat, Sabtu, mengatakan, bahan kerajinan dan kuliner itu, kini dikelola sangat baik oleh para warga dibawah berbagai binaan seperti Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Langkat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, maupun Dinas Tenag Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pertanian dan Kecamatan.

"Untuk Pekan Raya Sumatera Utara kesemua produk yang dipamerkan berasal dari lintas instansi yang ada itu," katanya.

Diantaranya sepatu rajut dan tas rajut di produksi oleh warga di Kecamatan Sei Bingei, tas kulit di produksi warga Kecamatan Sawit Seberang, ada juga asesoris kerajinan anak Langkat.

Selain itu ada gerabah yang diproduksi beberaap rumah warga dari Kecamatan Hinai, termasuk juga kulinernya seperti halua ini bisa ditemukan di Kecamatan Stabat, dimana halua ini merupakan kuliner khasnya Langkat.

di daerah Langkat juga bisa kita temukan penjualan kuliner seperti dodol di jalan lintas Sumatera di Desa Paya Perupuk, maupun makanan lainnya yang diproduksi warga Langkat.

Termasuk bibit pertanian dan perkebunan maupun juga hasil dan produksi pertanian bisa ditemukan dan sekarang ini menjadi andalan daerah ini, karena sudah banyak dipesan oleh warga di kabupaten ataupun kota lainnya di Sumatera Utara.
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019