Medan (Antaranews Sumut) - PT.BISI International Tbk dan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbantan) Medan bersepakat menjalin kerjasama dibidang pengelolaan pertanian.

"Kesepakatan (MoU) yang kita bangun dalam rangka pengembangan dan peningkatan produk pertanian,"kata Direktur Polbangtan Medan Ir Yuliana Kansrini MSi kepada Antara Sumut, di Medan, Kamis.

Dijelaskan PT.BISI Internasional Tbk perusahaan yang berdiri tahun 1983 ini merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perbenihan tanaman pangan dan hortikultura.

"Dalam pengembangan produknya PT.BISI International selalu menerapkan teknologi pemuliaan tanaman dengan menggabungkan penelitian lapangan dan laboratorium, sehingga mampu menghasilkan produk benih yang berkualitas, beradaptasi luas, tahan hama penyakit dan berproduksi tinggi,"ujarnya.

Dikatakan, kerjasama disepakati setelah manajer PT. BISI Internasional Alam Sembiring dan staffnya meninjau langsung lahan praktek pertanian terkait Polbangtan Medan.

Saat meninjau, Alam bersama Wakil Direktur I Polbangtan Medan Nurliana Harahap, Kepala Prodi Jurusan Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan Tience Pakpahan, Ketua Jurusan Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan Ari Hapsani beserta staff lainnya.

"Setelah survey lapangan, PT BISI International melalui Alam Sembiring menyatakan bersedia memberikan bantuan berupa benih tanaman bersertifikat serta menfasilitasi proses budidayanya mulai dari pengolahan lahan sampai dengan panen,"ungkapnya.

Dalam kerjasama ini PT. BISI Internasional juga menyediakan staff selama proses produksi dilaksanakan. Bahkan, manajer PT BISI juga bersedia menjadi dosen tamu pada saat kuliah umum dan dosen tidak tetap terkait budidaya pertanian praktis di Polbangtan Medan.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019