Lubukpakam (Antaranews Sumut) - Desa Rantau Panjang di Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, ditetapkan sebagai Kampung Bebas Narkoba atau Desa Bersinar (bersih dari narkoba) yang kedepannya akan menajdi percontohan bagi desa-desa lainnya.
     
Kepala Badan Nasional Narkotika (BBNN) Kabupaten Deliserdang AKBP Safwan Khayat di Deliserdang, Rabu, mengatakan, penetapan dan launching Kampung Bebas Narkoba tersebut direncanakan dilakukan oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah pada Senin (28/1).

Acara akan dirangkai dengan kegiatan bhakti sosial, pengobatan gratis, penyuluhan, penyerahan berbagai bantuan seperti bibit ikan dan tanaman serta bedah rumah bagi keluarga kurang mampu.

Ia mengatakan dilaunchingnya Kampung Bebas Narkoba tersebut merupakan tindak lanjut arahan Pangdam I/BB baru-baru ini, mengingat kekhawatiran akan semakin tingginya peredaran narkoba.

Sedangkan dipilihnya Desa Rantau Panjang sebagai Kampung Bebas Narkoba, meningat desa itu memiliki garis  pantai  yang cukup luas dan dianggap memiliki pelabuhan-pelabuhan kecil atau pelabuhan tikus tempat masuknya narkoba dari luar.

"Sebelumnya juga sudah dilakukan penelitian terlebih dahulu, dan berkordinasi dengan instansi terkait. Dari hasil data bahwa daerah Kecamatan Pantai Labu ternyata banyak terjadi kasus narkoba, khususnya di Desa Rantau Panjang itu," katanya.

Untuk menindak lanjuti hal itu, BNN, Kodim, Polres Deliserdang, instansi terkait bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat melakukan rapat koordinasi dan menyatukan visi termasuk pihak Kecamatan Pantai Labu yang memang bersemangat  terkait upaya meminimalisir penyebaran narkoba.

Semua pihak terkait, kata dia, sudah sama-sama menyatakan bertekad agar program tersebut berjalan dengan baik, terarah , terukur dan berkesinambungan hingga tuntas, disamping akan dilakukan pembinaan dan berbagai pelatihan sehingga generasi terghindar dari narkoba.

"Bila masih ada yang tidak mengindahkan perintah itu dan masih melakukan peredaran narkoba atau menjadi bandar akan kita sikat habis, ini sudah tekad bersama," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019