Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Ketenagakerjaan melakukan kegiatan grebek pasar di Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan Zainal  Fachruddin kepada Antara di Sipirok, Kamis (21/12), mengatakan kegiatan itu guna perluasan program kepesertaan jaminan sosial untuk sektor BPU (Bukan Penerima Upah).

"Kegiatan ini tergolong ke dalam program perluasan kepesertaan untuk sektor BPU atau pekerja mandiri," jelasnya.

Dipilihnya Pasar Sangkumpal Bonang dikarenakan banyaknya para pedagang tradisional, tukang jahit, tukang becak, kuli angkut, dan lain sebagainya yang masih belum terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

"Tujuan kita untuk melindungi para pekerja yang ada di lingkungan khususnya Pasar Sangkumpal Bonang,"katanya.

Menariknya dalam kegiatan ini ada dilakukan pengundian berbagai hadiah bagi para pekerja yang mendaftar, seperti kipas angin, setrika, kompor gas, dan kulkas sebagai doorprize.

"Pelaku pasar Sangkumpal Bonang diharap dapat melindungi para pekerjanya dari resiko-resiko kerja agar si pekerja dalam bekerja dapat lebih aman dan tenang ,"timpal Dian Suziana Kabid umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Padangsidimpuan.

Saat turun menggrebek pasar mereka juga melakukan sosialiasi empat 4 program BPJS Ketenagakerjaan yakni Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP).

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018